Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Customer Potensial Pada PT. KaryaTama Teknika Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimizajika Kompromisno Resenje (VIKOR)

Authors

  • rikky manihuruk STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ahmad Fitri Boy boy STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Suardi Yakub yakub STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.2268

Abstract

Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan customer adalah bagaimana suatu perusahaan dapat mempertahankan customer yang dimilikinya. Usaha untuk mempertahankan customer ini menjadi hal yang penting bagi PT. Karya Tama Teknika mengingat semakin banyaknya usaha yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan customer ini, maka perlu diketahui kelompok customer yang potensial, sehingga perusahaan bisa melindungi customer potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan memberikan hadiah. Hadiah yang diberikan perusahaan kepada customer berupa cindera mata. Namum pihak perusahaan belum memiliki sistem ataupun metode yang tepat untuk menentukan customer potensial tersebut.Adapun solusi terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalammenentukan customer potensial dengan tepat. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah metode VIKOR sebab metode VIKOR mampu membantu memecahkan persoalan yang kompleks dengan menentukan dari kriteria, hasil nilai akhir VIKOR dan dengan menarik berbagai pertimbangan guna mengembangkan bobot atau prioritas.Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu perusahaan dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada perusahaan yang lain.

References

Randi Rian Putra and Cendra Wadisman, "Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means Implementation Of Data Mining For Potential Customer Selection Using K-Means Algorithm," Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 1, no. 1, 2018.

Imam Sunoto And Arif Susanto, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process Dengan Criterium Decision Plus," 2017.

Arjon Samuel Sitio, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Supplier Pembelian Barang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Pada PT. Perintis Sarana Pancing Indonesia,†Journal of Informatic Pelita Nusantara, vol. 2, no. 1, Okt. 2017.

Dede Wira Trise Putra and M Epriyanto, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Jenis Sport 150cc Berbasis Web Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (Ahp)," Jurnal Teknoif, vol. 5, no. 2, pp. 16-24, Oct. 2017.

Agung Setiawan, Kiki Yasdomi, and Detri Amelia Chandra, "Pemodelan Pemilihan Program Studi Dengan Metode Simple Additive Weight (Saw) (Studi kasus pada Perguruan Tinggi dan SLTA di Pasir Pengaraian)," 2017.

Yohanes Yosua, Fahrul Agus, and Indah Fitri Astuti, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Kartu Halo Menggunakan Metode Ahp Berbasis Web," Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, 2017.

Imam Wijaya, and Mesran, “Penerapan Metode AHP dan VIKOR Dalam Pemilihan Karyawan Berprestasi,†Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-26

URN