SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA HAMA PADA TANAMAN TEH DI PT.PERKEBUNAN NUSANTARA IV SIDAMANIK MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Siti Indah Sari Nasution Stmik Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra TS Stmik Triguna Dharma
  • Yakub Suardi YS Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.2252

Abstract

Hama dan penyakit pada tanaman teh sampai saat ini  merupakan masalah dalam pertumbuhan teh, karena menyebabkan kehilangan hasil yang tinggi dan berpengaruh terhadap pencapaian sasaran produksi. Berdasarkan kerusakan yang terjadi pada tanaman teh, maka serangga hama pada pertanamanteh dikelompokkan menjadi dua yaitu hamapenusuk-pengisap dan penggigit-pengunyah.Sistem pakar adalah program artificial intelegence yang menggabungkan pangkalan pengetahuan (knowledge base) dengan sistem inferensi. Perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memecahkan suatu permasalahan. Metode bayes merupakan metode yang terdapat pada Sistem Pakar yang banyak digunakan untuk menemukan solusi permasalahan yang berkaitan tentang probabilitas termasuk penerapan dalam pendeteksian penyakit.merupakan masalah dalam pertumbuhan teh, karena menyebabkan kehilangan hasil yang tinggi dan berpengaruh terhadap pencapaian sasaran produksi.Berdasarkan kerusakan yang terjadi pada tanaman teh, maka serangga hama pada pertanamanteh dikelompokkan menjadi dua yaitu hamapenusuk-pengisap dan penggigit-pengunyah.Sistem pakar adalah program artificial intelegence yang menggabungkan pangkalan pengetahuan (knowledge base) dengan sistem inferensi. Perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memecahkan suatu permasalahan. Metode bayes merupakan metode yang terdapat pada Sistem Pakar yang banyak digunakan untuk menemukan solusi permasalahan yang berkaitan tentang probabilitas termasuk penerapan dalam pendeteksian penyakit.

Author Biography

Trinanda Syahputra TS, Stmik Triguna Dharma

 

References

T. E. A. L. Sucking-pests, “SERANGGA PENGISAP PUCUK TEH : Empoasca vitis ( Homoptera : Cicadellidae ) DAN TUNGAU ( Acarina ),†vol. 3, no. 1, pp. 39–48, 2015

W. R. Ferdiansyah, L. Muflikhah, and S. Adinugroho, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Kambing Menggunakan Metode Naive Bayes dan Certainty Factor,†vol. 2, no. 2, pp. 451–458, 2018.

A. W. Ganda Anggara, Gede Pramayu, “Membangun sistem pakar menggunakan teorema bayes untuk mendiagnosa penyakit paru-paru,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 79–84, 2016.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles

URN