Implementasi Data Mining Dalam Pengelompokan Data Transaksi Penjualan Kosmetik di WN Kosmetik Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering

Authors

  • Srigantina Srigantina Stmik Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha
  • S Suharsil

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.2237

Abstract

WN Kosmetik merupakan suatu perusahaan yang cukup besar yang menyediakan berbagai macam kosmetik. Perusahaan ini menyuplai banyak produk, yang terkadang masih banyak produk yang kesulitan dicari padahal produk tersebut masih ada di gudang. Oleh sebab itu WN Kosmetik dituntut untuk mencari solusi dalam pengelolaan produk kecantikan (kosmetik) dan menemukan strategi yang dapat meningkatkan usaha dibidang penjualan terutama harus meningkatkan pelayanan terbaikMaka dari itu teknik yang akan digunakan pada karya ilmiah ini adalah pengklasteran dengan menggunakan algoritma K-Means Clustering. Metode K-Means Clustering  ini merupakan suatu cara mengukur data kedekatan antar produk kosmetik berdasarkan transaksi yang telah terjadi. Dalam masalah yang dibahas dalam penelitian ini akan dirancang sebuah perangkat lunak berbasis Dekstop Programming yang diharapkan dapat menjadi solusi pemecahanHasil akhirnya adalah suatu aplikasi Data Mining yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui nilai clustering untuk data penjualan di WN Kosmetik.

References

Indriyani, “Clustering Data Penjualan,†JUITA: Jurnal Informatika, vol. 7, nº 2, pp. 109-113, 2019.

M. Siregar, “KLASTERISASI PENJUALAN ALAT-ALAT BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS (STUDI KASUS DI TOKO ADI BANGUNAN),†JURNALTEKNOLOGIDANOPENSOURCE, vol. 1, nº 2, 2018.

K. Andesa, “Integrasi pemrograman web pada pemrograman desktop sebagai alternatif fasilitas laporan dalam pengembangan program aplikasi,†2017.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR,†Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, nº ISSN: 2406-7857, 2018.

D. Firdaus, “Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer,†2017.

L. Maulida, P. Studi, M. Informatika, A. Bsi, T. Komplek, S. Xiv-C11, J. Letnan e S. Banten, “PENERAPAN DATAMINING DALAM MENGELOMPOKKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE OBJEK WISATA UNGGULAN DI PROV. DKI JAKARTA DENGAN K-MEANS,†Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), vol. 2, nº 3, pp. 167-174, 2018.

F. Profesio Putra, P. Negeri Bengkalis, J. Bathin Alam e S. Alam, “K-MEANS UNTUK MENENTUKAN CALON PENERIMA BEASISWA BIDIK MISI DI POLBENG,†JURNALINOVTEKPOLBENG, vol. 1, nº 1, 2016.

Zulham And Nasyuha, “Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Wahana Terfavorit Pada CV. Hairos Indah Menggunakan Metode K-Means Zulham,†Saintikom, vol. 17, nº SAINTIKOM, pp. 92-104, 2018.

W. Safira Azis e d. Dedy Atmajaya, “PENGELOMPOKAN MINAT BACA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS,†ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 8, nº 2, 2016.

Downloads

Published

2022-07-27

URN