SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT HERPES SIMPLEKS PADA KULIT MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Authors

  • madi sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin,S.Kom, M.Kom Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah, S.Kom, M.Kom Hafizah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.2236

Abstract

Infeksi virus herpes simpleks yang biasa disebut herpes simpleks labialis (HSL) adalah masalah global kesehatan masyarakat yang memiliki berbagai bentuk pengobatan dengan dampak yang minimal. Bentuk yang paling umum dari infeksi virus tersebut adalah gingivostomatitis primer, atau berupa infeksi berulang HSL, biasanya terjadi pada anak prasekolah atau taman kanak-kanak, remaja, dan dewasa muda. Banyak masyarakat yang sulit mendiagnosa penyakit herpes simpleks meskipun banyak gejala-gejala yang ditimbulkan. Hal ini terjadi karena kurangnya       pengetahuan terhadap penyakit herpes simpleks.Untuk mengatasi masalah yang dijelaskan diatas, salah satunya dengan membangun sistem pakar. Dengan adanya bantuan teknologi komputer sistem pakar ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam mendiagnosa gejala penyakit herpes simpleks. Untuk mendeteksi penyakit herpes simpleks, sistem pakar ini menggunakan metode Certainty Factor dengan memasukkan data penyakit dan gejala-gejala.Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem pakar yang dapat mendeteksi penyakit herpes simpleks. Sehingga dengan adanya sistem pakar ini bisa mempermudah pengguna mendapatkan informasi tentang gejala dan penyakit herpes simpleks. Sehingga dapat membantu pengguna dalam menemukan saran dan solusi terhadap penyakit herpes simpleks yang dialami

References

Erni Marlina, "Penanganan herpes simpleks labialis rekuren (Management of recurrent herpes simplex labialis)," 2017.

Novi Yona Sidratul Munti and Ferri Achmad Effindri, "Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginekologi Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web Mobile," 2017.

Indyah Hartami Santi and Bina Andari, "Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor," INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 159, July 2019.

Minda Septiani AMIK BSI Tasikmalaya Jl Tanuwijaya No, Empang Sari, and Sandra Jamu Kuryanti AMIK BSI Bogor Jl Merdeka No, "Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pernapasan pada Anak (Studi Kasus : RSAB HARAPAN KITA JAKARTA),†2018.

Yuvidarmayunata Yuvidarmayunata, "SISTEM PAKAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING UNTUK MENENTUKAN NUTRISI YANG TEPAT BAGI IBU HAMIL," INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 1, no. 2, pp. 231-239, Aug. 2018.

Lukman, “Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Mata Dengan Menggunakan Metode PHP Dan MYSQL,†2018.

Nico Alvio Maiyedra, "PERANCANGAN SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING,†vol. 6, no. 2, Des. 2018.

Nur Aminudin et al., "APLIKASI WEB MOBILE SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM RAS PETELUR," Technology Acceptance Model, vol. 10, no. 1, 2019.

Neng Ika Kurniati, Husni Mubarok, and Dewi Fauziah, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hewan Peliharaan Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, Apr. 2018.

Nastiti Setya Mukti and Andika Agus Slameto, "ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SLB NEGERI BATANG," 2017.

Downloads

Published

2019-10-30

URN