Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Keuntungan Penjualan Melalui Aplikasi Gofood Pada Coffeescape Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Dhea Fitri Santika STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin S STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.2203

Abstract

Coffeescape adalah sebuah Cafe yang berdiri pada tahun 2018 dan sudah sangat berkembang. Oleh karena itu Coffeescape sebagai satu dari beberapa Cafe terpopuler yang berada di Kota Medan berusaha untuk memberikan nilai lebih terhadap pelanggannya dengan tujuan untuk mengalahkan pesaing-pesaing Cafe tersebut dan mendapatkan profit yang maksimal. Coffeescape merupakan salah satu mitra GoBiz yang populer. Tidak dapat dipungkiri, keuntungan yang dihasilkan melalui pesanan goFood juga sangat tinggi. Seiring dengan itu, terkadang jumlah pelanggan konvensional tidak sebanding dengan pembeli secara online.Dari permasalahan tersebut terkadang sering menyebabkan penumpukan data pemesanan via aplikasi ataupun kekurangan stok bahan baku kopi dan menu lainnya yang dijual, sehingga menimbulkan kerugian dan mengurangi profit. Oleh sebab itu dibutuhkan manajemen prediksi untuk mengetahui keuntungan yang dihasilkan melalui pesanan goFood agar pihak manager bisa menentukan strategi terbaik dalam meningkatkan penjualannya secara berkala dengan menggunakan teknik data mining dan metode regresi linier berganda.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Data Mining untuk membantu memprediksi keuntungan penjualan berdasarkan pada PT Coffeescape.

References

A. Indraswari, "ANALISA PEMANFAATAN APLIKASI GO-FOOD BAGI PENDAPATAN PEMILIK," Jurnal Ilmu Ekonomi, vol. 2, no. 1, 2018.

R. L. P. NSS, "DAMPAK BISNIS KULINER MELALUI GO FOOD BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA SEMARANG," Dinamika Sosial Budaya, vol. 20, no. 2, 2018.

Yuli Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi," Jurnal Edik Informatika, no. ISSN : 2407-0491.

A. M. Alfannisa Annurullah Fajrin1, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. 5, no. ISSN: 2406-7857, 2018.

Amrin, "DATA MINING DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK PERAMALAN TINGKAT INFLASI," Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 1, 2016.

A. Rachman and d. Hadi Al Rasyid, "MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA".

Downloads

Published

2021-10-30

URN