Sistem Pendukung Keputusan dalam Memilih Karyawan PHK pada PT. Andalan Medan Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • syahirpan syahirpan STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.2188

Abstract

Aset terpenting dalam suatu organisasi untuk menggerakkan sumber daya lain adalah Manusia. Sumber Daya Manusia dapat  mempengaruhi kinerja organisasi atau perusahaan dari segi efektivitas dan efisiensi baik secara langsung maupun tidak langsung[1]. Di Indonesia, pemutusan hubungan kerja (PHK) telah diatur dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan). PHK merupakan peyebab berakhirnya hak dan kewajiban antara pengusaha dan pekerja. Banyaknya latar belakang yang memperngaruhi  perusahaan untuk  melakukan PHK, salah satunya di beberapa perusahaan adalah yang mengalami penyusutan biaya produksi [2].Sistem pendukung keputusan adalah sistem interaktif berbasis komputer yang membantu pengambilan keputusan, memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah yang tidak terstruktur . Konsep Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 1970-an oleh Michael S.Scott Morton dengan istilah Decisión System [3]. Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS) adalah sebuah kerangka untuk mengambil keputusan dengan efektif atas persoalan yang kompleks dengan menyederhanakan dan mempercepat proses pengambil keputusan dengan memecahkan persoalan[4].Metode ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang lebih tepat dan mempunyai kepastian yang lebih kuat tanpa adanya perubahan ataupun penambahan pada pengetahuannya.

References

M. Z. Alfa, S. Murni, and F. Roring, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON MANADO UTARA,†J. EMBA, vol. 4, no. 1, pp. 261–271, 2016.

Mesran, Rusiana, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemutusan Hubungan Kerja Karyawan Menggunakan Metode Elimination and Choice Translation Reality,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 4, pp. 135–138, 2018.

H. Gulo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kantor Pos Terbaik Menerapkan Metode WASPAS,†J. Inf. Sist. Res., vol. 1, no. 2, pp. 81–86, 2020.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

Downloads

Published

2018-11-30

URN