Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Makanan Kucing (Dry Food) Yang Tepat Untuk Kitten Menggunakan Metode Weight Aggregate Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Suryan Kartika STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.2186

Abstract

Kucing tidak mempunyai pengecap manis yang umumnya berasal dari unsur nabati, namun lebih beradaptasi terhadap pengecap pahit. Tentunya hal ini sangat berpengaruh dalam menentukan makanan yang tepat bagi kucing, terutama kitten (anak kucing). Sebab pemberian makanan pada kitten dipengaruhi oleh beberapa faktor penting diantaranya kebutuhan nutrisi, kebutuhan pakan dan kandungan taurine didalamnya. Namun untuk memilih makanan kucing yang tepat untuk kitten harus dilakukan penilaian kelayakan dan menimbang berbagai kriteria, agar tidak berdampak buruk pada kucing kesayangan. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan diantaranya adalah kebutuhan nutrisi, kebutuhan pakan dan kandungan taurine didalamnya.Untuk itu diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna membantu mempermudah dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dapat memecahkan masalah yang dihadapi Klinik Kesehatan Hewan Kecamatan Medan Johor dalam hal menentukan makanan kucing yang tepat untuk kitten. Adapun metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah WASPAS.Hasil yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu instansi dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada Klinik Kesehatan Hewan Kecamatan Medan Johor.

References

Nusdianto Triakoso, "Pakan dan Kucing. Kesehatan dan Risiko Penyakit Akibat Pakan Pada Kucing," 2016.

Amula Arni et al., "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBUKAAN JARINGAN TRAYEK ANGKUTAN KOTA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING," 2019.

Royanti Manurung, Retnowati Sitanggang, and Fince Tinus Waruwu, "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi," 2018.

Muhammad Rizky, Imam Pamungkas, Sony Sumaryo, and Agung Surya Wibowo, "PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING DAN PEMBERI PAKAN KUCING OTOMATIS BERBASIS ANDROID DESIGN AND IMPLEMENTATION OF AUTOMATIC CAT MONITORING AND FEEDER SYSTEM BASED ON ANDROID," 2019.

Syahrul Suci Romadhon, and Desmuyani, "Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeigniter Pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta," vol. 3, no. 1, Feb. 2019.

Dwindy Astuty Ridwan, Baharuddin Rahman, Stmik Catur Sakti Kendari, and Jln Abdullah, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN RASKIN (BERAS MISKIN) PADA KECAMATAN KENDARI BARAT MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP)," vol. 4, no. 1, 2019.

Siti Aisyah and Windania Purba, "APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE SAW PADA PERUSAHAAN LEASING," vol. 1, no. 2, Okt. 2018.

Amula Arni, and Rakhmad Kuswandhie, “Sistem Pendukung Keputusan Pembukaan Jaringan Trayek Angkutan Kota Dengan Metode Simpe Additive Weigthing,†Jurnal Ilmiah Binary STIM Bina Nusantara Jaya, vol. 1, no.1, 2019.

Harold Situmorang, Burhanuddin Damanik, Swono Sibagariang, Immanuel H G Manurung, and Universitas Sari Mutiara Jl Kapten Muslin No, "APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA PERUSAHAAN LEASING CS FINANCE," 2019.

Alfahmi Muhammad Arif and Eko Pramono, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PERAWAT MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE PADA PUSKESMAS RENA KANDIS KABUPATEN BENGKULU TENGAH," 2019.

Ichsan Fahmi, Fitra Kurnia, and Godlief ES Mige, "PERANCANGAN SISTEM PROMOSI JABATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN PROFILE MATCHING (PM)," Jurnal SPEKTRO, vol. 2, no. 1, 2019.

Elvina D Marbun, Lilis A Sinaga, Ria Simanjuntak, Dodi Siregar, and Joli Afriany, "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun," 2018.

Sugeng Riyadi, Tuti Haryanti, and Laela Kurniawati, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RUMAH TANGGA MISKIN PADA DESA CIBANGKONG DENGAN METODE WASPAS," vol. 1, no. 4, 2019.

Siti Aisyah, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SAW Pada Perusahaan Leasing,†Jurnal Teknovasi, vol. 6, no. 1, 2019.

Irawan Setiadi, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL BEKAS DENGAN METODE AHP DAN SAW PADA NAVA SUKSES MOTOR," 2019.

Eggy Satriani, Ilhamsyah, and Renny Puspita Sari, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Penerima Zakat Program Pendidikan Dengan Metode SAW Dan BORDA,†Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 7, no. 2, 2019.

Zunaida Sitorus, Jl Jend Ahmad, Yani Kisaran, and Sumatera Utara, "IMPLEMENTASI KONSEP BUSINESS TO CUSTOMER DENGAN TEKNOLOGI E-COMMERCE BERBASIS WEB (Studi Kasus : Toko Sepatu Bunut Kisaran)," Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, vol. 5, p. 2019.

Burhanuddin Damanik, “Sistem Informasi Penggajian Dosen Honorer Berbasis Dekstop Di Universitas Sari Mutiara Indonesia,†Jurnal Mahajana Informasi, vol. 4, no. 1, 2019.

Suranta Bill, Patric Ginting, Nasib Marbun, Muhammad Zarlis, and Dedy Hartama, "Penerapan Algoritma Horspool Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Bima-Indonesia," 2019.

Deval Gusrion, S.Kom, M.Kom, “Membuat Aplikasi Penyimpanan Dan Pengolahan Data Dengan VB.NET,†vol. 5, no. 1, Juni. 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN