Sistem Pakar Mengidentifikasi Kerusakan Pada Mesin Deep Fryer Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Tri Anggraini STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi Stmik Triguna Dharma
  • Milfa Yetri Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2181

Abstract

ABSTRACK Mesin deep fryer merupakan salah satu jenis mesin yang banyak digunakan oleh berbagai restoran dan rumah makan. Mesin deep fryer ini berfungsi untuk menggoreng berbagai jenis makanan dengan teknologi terbaru. Seiring dengan penggunaan mesin yang setiap hari tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada mesin deep fryer. Kerusakan yang terjadi pada umumnya dapat diidentifikasi oleh ahli dibidangnya dengan melihat ciri-ciri kerusakan yang terjadi. Namun, kelemahan menggunakan jasa ahli dalam menganalisa kerusakan adalah memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses analisa serta harus menunggu datangnya tenaga ahli.                Untuk mengatasi masalah yang dijelaskan diatas, salah satunya dengan membangun sistem pakar. Dengan adanya bantuan teknologi komputer sistem pakar ini diharapkan dapat membantu mempermudah pengguna dalam mendeteksi gejala kerusakan mesin deep fryer. Untuk mendeteksi kerusakan mesin deep fryer, sistem pakar ini menggunakan metode teorema bayes dengan cara menghitung keseluruhan gejala yang dipilih pengguna kemudian menampilkan hasil diagnosa kerusakan berdasarkan nilai tertinggi.Sehingga dengan adanya sistem pakar ini bisa mempermudah pengguna mendapatkan informasi tentang gejala dan kerusakan mesin deep fryer. Sehingga dapat membantu pengguna dalam menemukan saran dan solusi terhadap kerusakan yang dialami oleh mesin deep fryer. 

References

Dedi Suryadi, Rifki Meilianda, Ahmad Fauzan Suryono, Kampus WR Kandang Limun Jl Supratman Bengkulu, and Jl Sudharto, "Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Kerusakan Mesin Industri Menggunakan Metode Certainty Factor,".

Wawan Wardiana et al., "Aplikasi Sistem Pakar Tes Kepribadian Berbasis Web,".

Fricles Ariwisanto Sianturi, "ANALISA METODE TEOREMA BAYES DALAM MENDIAGNOSA KEGUGURAN PADA IBU HAMIL BERDASARKAN JENIS MAKANAN," Jurnal TEKINKOM, vol. 2, 2019.

Evi Aprilia Sari, “Peran Pustakawan AI (Artificial Intelligent) Sebagai Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Revolusi,†Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, vol. 3, no. 1, 2019.

Dedi Rahman Habibie and Dasril Aldo, "Sistem Pakar Untuk Identifikasi Jenis Jerawat Dengan Metode Certainity Factor," JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 4, no. 3, p. 79, Dec. 2019.

Yenita Wijayana, Jurusan Teknik Elektro et al., "SISTEM PAKAR KERUSAKAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB," Media Elektrika, vol. 12, no. 2, 2019.

Charles Bronson Harahap, Wirhan Fahrozi, and Evta Indra, "SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA KEMUSYRIKAN UMAT ISLAM DENGAN METODE FORWARD CHAINING," JUSIKOM PRIMA, vol. 3, no. 1, 2019.

Nur Aminudin et al., "APLIKASI WEB MOBILE SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM RAS PETELUR," Technology Acceptance Model, vol. 10, no. 1, 2019.

Novi Yona and Sidratul Munti, "PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT LUPUS ERITMATOSUS SISTEM (LES) DENGAN METODE FORWARD CHAINING MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN PHP DAN MySQL,†2019.

Nico Alvio Maiyedra, "PERANCANGAN SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING,†2018.

Fitria Ramadhani, "ABSTRACT IMPLEMENTATION OF FORWARD CHAINING AND CERTAINTY FACTOR METHOD ON ANDROID-BASED EXPERT SYSTEM OF TOMATO DISEASES DIAGNOSIS," 2018.

Januardi Nasir and Zefly Haposan Gultom, "Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Kerusakan Pada Sepeda Motor Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web," 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN