Rancang Bangun Alat Keamanan Pada Brankas Dengan Suara Menggunakan Teknik Simplex Dengan Menggunakan Arduino

Authors

  • dandi dandi Stmik Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi Stmik Triguna Dharma
  • Milfa Yetri Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.2161

Abstract

Brankas adalah suatu benda atau alat yang dipergunakan untuk menyimpan suatu barang berharga antara lain yaitu uang, perhiasan, atau aset-aset dan surat-surat yang berharga dan lain lain. Ada banyak sekali keamanan keamanan yang canggih yang telah dipasang pada brankas, salah atunya yaitu dengan sidik jari, dengan pin atau password yang telah dibuat dan dipasang pada brankas, namun pada kasus ini keamanan brankas   lebih diperkuat lagi sehingga keamanannya pun tidak diragukan yaitu dengan smartphone dan menggunakan perintah suara untuk membuka brankas tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut sekarang ini sudah banyak terciptanya alat komunikasi yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari dimana alat yang berhubungan dengan smartphone. Berdasarkan masalah yang sering terjadi pada brankas diatas, maka perlu adanya keamanan yang lebih unik lagi salah satunya yaitu dengan menggunakan smartphone android yang dijadikan sebagai kunci untuk membuka brankas, yaitu dengan perintah suara.Cara Kerja Alat Ini dengan Memanfaatkan Smartphone Android yang nantinya akan di hubungkan ke module bluetooth Hc06, jika smartphone Android dan bluetooth sudah terhubung proses selanjutnya adalah memasukan perintah suara yang sudah ada diaplikasi Smartphone android kemudian jika perintahnya benar maka brankas akan terbuka dan jika perintahnya salah maka brankas akan terus terkunci.

References

L. Hermanto and R. Candra, "SISTEM KEAMANAN BUKA TUTUP KUNCI BRANKAS MENGGUNAKAN SIDIK JARI BERBASIS ARDUINO MEGA SECURITY SYSTEM OF OPENING AND LOCKING SAFE-DEPOSIT BOX USING FINGERPRINTS WITH ARDUINO MEGA-BASE SYSTEM," 2017.

AYENDRA MUHAMMAD FAREZI, "PROTOTIPE KEAMANAN BRANKAS BERBASIS ARDUINO DAN ANDROID," vol. 5, 2018.

M. T. Sholehati and A. Goeritno, "Sistem Minimum Berbasis Mikrokontroler ATmega2560 sebagai Sistem Pengaman pada Analogi Lemari Penyimpanan Brankas," Jurnal Rekayasa Elektrika, vol. 14, no. 3, 31 12 2018.

N. M. T. Yohanes C Saghoa, Sherwin R.U.A. Sompie, "Kotak Penyimpanan Uang Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno," vol. 7, 2018.

A. Agung and G. Ekayana, "IMPLEMENTASI SISTEM PENGUNCIAN PINTU MENGGUNAKAN RFID MIFARE FREKUENSI 13.56 MHZ DENGAN MULTI ACCESS (Studi Kasus: Laboratorium Sistem Kendali, STMIK STIKOM Indonesia)," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 15, no. 2, p. 244, 2018.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN