SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN PADA MESIN TENUN TRADISIONAL ULOS BATAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF)

Authors

  • Ricardo Delianto Pangabean STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.2157

Abstract

Ulos merupakan kain tenun suku batak yang digunakan dalam upacara – upacara adat pada masyarakat Batak khususnya masyarakat Batak Toba. Dikarenakan kurangnya pengetahuan pengrajin dalam hal kerusakan mesin sehingga apabila ada biaya perbaikannya mahal juga waktu lama. Kebanyakan pengrajin Ulos tidak mengetahui atau kurang pengetahuan dalam hal kerusakan mesin tenun Ulos tersebut. Seperti kerusakan pada kayu ragi, bambu ipahan, dan pada benang. Oleh Karena itu dibutuhkan sebuah Aplikasi dengan merode Certainty Factor untuk mempermudah atau mengetahui kerusakan pada mesin tersebut. Hasil penelitian ini dapat membantu para pengrajin dalam mengetahui dimana kerusakan yg dialami mesin tenun tersebut.Berdasarkan masalah diatas maka diperlukan suatu aplikasi berupa sistem web untuk memprediksi kerusakan pada mesin tenun yang nanti dapat digunakan oleh para pengrajin ulos batak.Hasil dari penelitian ini adalah pertama cara membangun aplikasi sistem Certainty Factor untuk mengetahui kerusakan yang dialami mesin tenun dengan menggunakan Certainty Factor dengan menggunakan bahasa pemrograman web dan didukung oleh software Microsoft Access dan XAMPP. Kedua cara menerapkan konsep Certainty Factor untuk melakukan analisa kerusakan yaitu dengan melakukan perhitungan berdasarkan gejala-gejala yang sudah ditentukan nilai MB dan MD, dan ketiga mengimplementasikan aplikasi yang telah diuji sehingga dapat membantu dalam meyampaikan informasi secara akurat kepada pengrajin.

References

Evan Arif Abdillah, Irwansyah Irwansyah, “Perancangan Inforgrafis Pengenalan Kain Ulos Batak Toba†vol 1, no 1, 2020.

Jhon Viter Marpaung, Syurya Muhammad Nur, “Pemodelan Estetika Motif Ulos Ragi Hotang Batak Toba Sebagai Aplikasi Media Dekoratifâ€, vol 5, no 1, 2018.

S. Halim and S. Hansun, “Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis,†J. Ultim. Comput., vol. 7, no. 2, pp. 59–69, 2016, doi: 10.31937/sk.v7i2.233.

Downloads

Published

2019-07-25

Issue

Section

Articles

URN