IMPLEMENTASI IOT (INTERNET OF THINGS) PADA SISTEM KENDALI MONITORING KIPAS DAN LAMPU PADA WISMA DENGAN PLATFORM BLYNK BERBASIS NODEMCU

Authors

  • Amsamuel Sitohang Stmik riguna Dharma
  • DR Zulfian Azmi ST., M.Kom Stmik Triguna Dharma
  • M Ardiansyah Sembiring Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.2147

Abstract

Wisma adalah suatu tempat berbentuk rumah atau gedung besar yang biasanya disewa untuk adanya perayaan atau hal penting lainnya. Wisma terkadang meakukan pengatura kipas dan lampu menggunakan kondisi manual.Dengan adanya teknologi IoT(Internet Of Things) dapat memberi teknologi menarik dan dapat membantu pemilik wisma dalam mengatur kondisi yang ada didalam wisma seperti kendali pada Kipas dan Lampu dan dapat dikendalikan dan dimonitoring dari jarak jauh dan bisa juga di atur kecepatan dan kecerahan pada lampu.                Pada sistem ini dikendalikan dan dimonitoring menggunakan platform blynk yang akan mempeprmuda pengguna saat digunakan. Disitem ini terdapat pengaturan kecepatan dan kecerahan pada sistem dengan metode PWM(Pulse Width Modulation). Pada sistem ini dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan IoT(Internet Of Things) dengan terhubung dengan koneksi internet.

References

"JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2, No. 1, (2013) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print)"Analisis Pemindahan Moda Angkutan Barang di Jalan Raya Pantura Pulau Jawa(Studi kasus: Koridor Surabaya – Jakarta)"Ardyah Eko Prasetyo dan Firmanto hadi.".

Maria Ulfah et al., "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DENGAN PEMANFAATAN ICT MELALUI APLIKASI PROTEUS DI SMK SETIA BUDI BALIKPAPAN 1) 2) 3) 4) 5),".

Eka Mandayatma, Jurusan Teknik, and Politeknik Negeri Malang, "Peningkatan Resolusi Sensor,".

"Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi UNIVRAB ISSN CETAK : 2477-2062 VOL. 2 No. 1, Januari 2017 ISSN ONLINE : 2502-891X 140 "SISTEM KONTROL PERTERNAKAN IKAN DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER BERBASIS ANDROID" Anip Febtriko.".

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN