Penerapan Metode Clustering Dalam Menentukan Persentase Penyakit Pada Pasien Dengan Menggunakan Algoritma K-Means Pada Puskesmas Jawa Maraja, Kab. Simalungun

Authors

  • Ughie Yulika STMIK Triguna Dharma Medan
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Trguna Dharma Medan
  • Guntur Syahputra STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.2146

Abstract

Pada dasarnya setiap orang pasti pernah terserang penyakit, baik itu penyakit biasa ataupun kronis. Tubuh manusia tersusun atas berbagai macam organ dan juga sel jaringan yang rentan terserang penyakit. Persentase penyakit di puskesmas Jawa Maraja tidak dapat diprediksi. Karena banyak pasien yang mengeluh tentang penyakit yang berbeda-beda. Kondisi tersebut mengakibatkan karyawan di Puskesmas Jawa Maraja kesulitan untuk membuat laporan data penyakit pasien. Disini menggunakan metode Clustering untuk mengelompokan penyakit pasien yang sering diperiksa oleh karyawan Puskesmas Jawa Maraja. Data penyakit pasien yang masih ditulis secara manual mempersulit karyawan yang bekerja di puskesmas. Dan juga pegawai kesulitan untuk menghitung persentase penyakit pada pasien di Puskesmas Jawa Maraja karena dihitung secara manual.  Dengan adanya pengelompokan penyakit pada pasien di Puskesmas Jawa Maraja berbasis desktop akan membantu karyawan yang bertanggung jawab untuk membuat laporan penyakit pasien menjadi lebih mudah. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan solusi kepada Puskesmas Jawa Maraja untuk dapat menjadi Puskesmas yang lebih baik kedepannya.

References

Adzikra Ibrahim, “pengertian Penyakit Menurut Para Ahli.†[Online]. Available: https://pengertiandefinisi.com/pengertian-penyakit-menurut-para-ahli/.

M. R. L. Iin Parlina, Agus Perdana Windarto, Anjar Wanto, “Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center,†Memanfaatkan Algoritm. K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Cent. Untuk Clust. Progr. Sdp, vol. 3, no. 1, pp. 87–93, 2018.

M. K. Dicky Nofriansyah, S.Kom. and M. S. DR. Ir. Gunadi Widi Nurcahyo, Algoritma Data Mining Dan Pengujian. 2015.

H. L. S. Benri Melpa Metisen, “Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila,†Anal. Clust. Menggunakan Metod. K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Prod. Pada Swalayan Fadhila, 2015.

C. W. Randi Rian Putra, “IMPLEMENTASI DATA MINING PEMILIHAN PELANGGAN POTENSIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS,†2018.

C. J. Ma. S. Fina Nasari, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Penyebaran Diare Di Kabupaten Langkat,†2016.

T. Khotimah, “Pengelompokan Surat Dalam Al Qur�an Menggunakan Algoritma K-Means,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 83–88, 2014, doi: 10.24176/simet.v5i1.141.

M. J. Nurul Rohmawati, Sofi Defiyanti, “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS DALAM PENGKLASTERAN MAHASISWA PELAMAR BEASISWA,†2016.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-27

URN