Sistem Pakar Medeteksi Kerusakan Pada Mesin Muntik Atau Lori Bergerbong Pada Pengangkutan Kelapa Sawit Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Rahmat Zakaria STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi MZ STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika BA STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.2143

Abstract

Lori Muntik (Decauville Train) adalah suatu alat transportasi pengangkutan kelapa sawit sebelum direbus atau disterilkan pada sterilizer. Setidaknya lori muntik ini juga bisa menampung muatan 2000 kilogram bahkan sampai 2500 kilogram Tandan Buah Segar (TBS). Walaupun masih kuno alat transportasi muntik ini juga masih banyak digunakan di perkebunan salah satu di PT.Socfindo yang sampe sekarang masih digunakan dalam membantu pekerjaan karyawannya untuk pengangkutan kelapa sawit, hal ini juga sangat mudah untuk pengangkutan kelapa sawit disamping sangat ramah lingkungan alat transportasi ini juga tidak mengganggu aktivitas masyarakat dibandingkan alat transportasi truck yang biasa digunakan perkebunan lain.Masalah-masalah yang ditimbulkan oleh mesin muntik kadang kala mesupakan masalah kecil yang tidak memerlukan tingkat penegetahuan yang tinggi. Untuk menyelesaikan hal itu mungkin bisa diselesaikan oleh seorang yang mempunyai pengetahuan dasar mesin muntik. Tetapi terkadang masalah-masalah komponen-komponennya sehingga memerlukan seorang teknisi khusus untuk perbaikannya. Pentingnya ilmu dalam mendateksi masalah tersebut tentunya akan lebih memperkaya ilmu pengetahuan seorang masinis untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan.Permasalahan yang terjadi membutuhkan aplikasi yang sederhana, mudah digunakan, dan tidak menyita waktu dalam melakukan pengkajian terhadap aplikasi sistem pakar menggunakan Certainty Factor dan membantu PT.Socfindo.Hasil dari penelitian adalah sebbuah aplikasi sistem pakar yang menggunakan metode Certainty Factor dan mampu menjawab permasalahan terkait mendeteksi kerusakan mesin muntik atau lori.

References

J. Arifin, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Manusia Menggunakan Knowledge Base System dan Certainty Factor,†J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 10, no. 2, pp. 50–64, 2016.

A. Fadli, “Sistem Pakar Dasar,†pp. 1–8, 2010.

S. Murni and F. Riandari, “Penerapan Metode Teorema Bayes Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung,†Jutikomp, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2018.

E. Shortliffe, “Terlahir Cacat,†vol. 1, no. 3, 2017.

T. R. Sugiyono, Sutarman, “Indonesian Journal of Business Intelligence,†Indones. J. Bus. Intell., vol. 1, no. 1, pp. 39–44, 2018.

P. S. Ramadhan, “Penerapan Komparasi Teorema Bayes dengan Euclidean Probability dalam Pendiagnosaan Dermatic Bacterial,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v4i1.1579.

S. A. Putri and E. P. Saputra, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Awal Kanker Reproduksi Wanita Dengan Metode Certainty Factor,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 3, pp. 63–68, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i3.659.

Downloads

Additional Files

Published

2021-09-30

URN