SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN LOKASI STRATEGIS UNTUK CABANG BARU AZURI WATER MENGGUNAKAN METODE ORESTE

Authors

  • Muhammad Suroso
  • Dedi Setiawan
  • Jaka Prayudha

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.2076

Abstract

          Azuri Water merupakan usaha air isi ulang yang sedang gencar mengembangkan bisnisnya di Kota Medan. Salah satunya dengan cara menambah dan membuka cabang baru. Tentu pemilihan lokasi usaha sangat berperan penting dalam kemajuan dan peningkatan penjualan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam menentukan lokasi usaha terbaik. Dan juga ada banyak alternatif lokasi yang akan dinilai layak atau tidak sebagai lokasi outlet baru. Penilaian ini tentunya membutuhkan waktu dan perhitungan yang cermat sehingga tidak menyebabkan kesalahan, atau bahkan kegagalan dalan menentukan lokasi outlet terbaik. Namun perusahaan mengalami beberapa kendala diantaranya kendala data yang akan diproses. Terlebih lagi dengan banyaknya kriteria penilaian, maka makin menambah permasalahan dan memperlambat kinerja perusahaan dalam mengambil keputusan.          Adapun solusi terhadap permasalahan tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam penentuan lokasi strategis untuk cabang baru Azuri Water. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah metode Oreste yaitu dengan cara memberikan bobot pada tiap-tiap alternatif pilihan yang ada.          Sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu perusahaan dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. 

References

Ariffa Tio Hanggita, “Analisis Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Jasa Pada UMKM Di Kecamatan Paciran,†Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 8, no. 2, Okt. 2018.

Jurnal MH Teknologi Informatika dan Komputer Thamrin, Yahdi Kusnadi, and Muhammad Wildan Dwiyansyah, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Smkn 1 Ciomas Kabupaten Bogor," vol. 6, no. 1.

Widiarti Purwadi, Maya Rista, and Ahmad Calam, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pada Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste," Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 19, no. 1, pp. 110-121, 2020.

Agustian Sinaga et al., "PEMILIHAN TOKO HANDPHONE TERBAIK DI KOTA PEMATANGSIANTAR MENGGUNAKAN METODE ORESTE," vol. 4, no. 2, pp. 145-152.

Downloads

Published

2019-10-30

URN