IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN DATA NILAI SISWA PADA SD NEGERI 064979 MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DES

Authors

  • Nathaysa Dewi Putri Siregar STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin A STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.2059

Abstract

Dalam perkembangan teknologi pada era digital saat ini, komputer digunakan untuk  membantu dan mempercepat kinerja manusia, salah satunya dengan melakukan pengamanan data. Dalam menjaga keamanan data informasi terdapat cabang ilmu dalam pengembangannya seperti kriptografi dan steganografi. Keamanan data nilai siswa sangat penting agar pihak yang tidak berkepentingan  tidak akan membaca dan memanipulasi data nilai siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem keamanan data dengan mengimplementasikan kriptografi pada data nilai siswa dengan melakukan perhitungan algoritma DES (Data Encryption Standard). Algoritma DES (Data Encryption Standard) adalah algoritma cipher blok yang digunakan untuk keamanan informasi dengan menggunakan metode simetrik dalam mengenkripsi dan dekripsi data ataupun informasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan solusi kepada SD Negeri 064979 Medan untuk mengamankan data nilai siswa yang diinput oleh guru sehingga meminimalkan kemungkinan untuk dibaca maupun dimanipulasi oleh pihak yang tidak berkepentingan.

References

Rahmad Toni Ryan. Pembahasan Tentang IT. Rabu, 04 April 2018. [Online].Available:http://rahmadryantoni.blogspot.com/ [Akses : 14 Desember 2019].

Fresly Nandar Pabokory, Indah Fitri Astuti, and Awang Harsa Kridalaksana, "Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard," 2015.

Erwin Gunadhi and Agung Sudrajat, "Pengamanan Data Rekam Medis Pasien Menggunakan Kriptografi Vigènere Cipher," 2016.

Desi Nurnaningsih and Angga Aditya Permana, "Rancangan Aplikasi Pengamanan Data Dengan Algoritma Advanced Encyption Standard (AES)," Jurnal Teknik Informatika, vol. 11, no. 2, pp. 177-186, Nov. 2018.

Nur Muhammad Dwi Oktafiansyah et al., "14. Sakti Nur Muhammad Dwi_Penerapan Kriptografi Dengan Algoritma Data Encryption Standart Pada Text Hasil Konversi Dari Citra," 2016

Azanuddin, "Sistem Pengamanan Data Customer dengan Metode Data Encryption Standart (DES)".

Husna Ismatul, Siswanto Apri, Syukur Abdul, "Perbandingan Metode Data Encryption Standard (DES) Dan Advanced Encryption Standard (AES) Pada Steganografi File Citra," 2018.

Muhamad Danuri, "Analisa Proses Enkripsi Dan Deskripsi Dengan Metode DES,".

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-05

Issue

Section

Articles

URN