IMPLEMENTASI SISTEM OTOMATIS DAN TERJADWAL PENGHILANG BAU DAN ASAP ROKOK PADA TOILET UMUM MENGGUNAKAN TEKNIK DUPLEX BERBASIS MIKROKONTROLER

Jhoni Pane, Ishak S.Kom., M.Kom, Suardi Yakub

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi pada Toilet umum sangat dibutuhkan masyarakat karena dalam perjalanan biasanya sering terkendala pada buang air kecil atau buang air besar yang tidak tertahankan. Terkadang karena kesalahan masyarakat dalam memperlakukan Toilet umum sangat buruk dikarenakan tidak keperdulian masyarakat dalam merawat Toilet umum tersebut.Solusi dalam permasalahan pada penelitian ini dibuatlah sistem yang mampu bekerja secara otomatis dan terjadwal dengan menggunakan RTC(Real Time Clock) adalah suatu chip jam elektronika yang dapat menghitung dari detik hingga tahun dengan akurat dan dapat menjaga dan menyimpan data. Untuk sistem kendali pada sistem ini digunakan mikrokontroler. Mikrokontroler adalah suatu chip yang memiliki 32 kaki pin input/ output. Untuk mendeteksi tingkat bau pada toilet umum digunakan sensor MQ-12 yang dimana asap rokok pada toilet umum dapat terdeteksi dan sensor MQ-135 Untuk penghilang bau yang menyengat. Untuk proses penyiraman pada toilet umum digunakan Pompa DC dan Fan DC untuk proses penyiraman dan penghilang asap rokok. Pada sistem ini terdapat proses penjadwalan yang dilakukan 3 kali dalam sehari yaitu pada pagi, siang, dan sore pada pukul 08.00 sampai 17.00. sistem ini terdapat mendeteksi tingkat bau yang dimana apabila tingkat bau sangat menyengat sistem akan bekerja secara otomatis diluar dari penjadwalan

Full Text:

PDF

References


"Jurnal Akhmad Zainuri, Unggul Wibawa, Eka Maulana. "Implementasi Bluetooth HC–05 untuk Memperbarui Informasi Pada Perangkat Running Text Berbasis Android"".

Andi Syofian, Delfi Indra, and Jurusan Teknik Elektro, "Perencanaan dan Pembuatan Jam Digital dengan Output Suara Untuk Tuna Netra Oleh," 2015.

"Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 7 No.2 (2018), ISSN : 2301-8402 "Kotak Penyimpanan Uang Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno" Yohanes C Saghoa, Sherwin R.U.A. Sompie, Novi M. Tulung.".

Rozali Toyib and Juni Hidayatullah, "APLIKASI REMOTE KONTROL CPU/LAPTOP JARAK JAUH DENGAN MEDIA SERIAL HANDPHONE DENGAN MIKROKONTROLER," 2016.




URN: http://nbn-cybertech.de/urn:nbn:de:10.53513jct.v4i8.20455

DOI: https://doi.org/10.53513/jct.v4i8.2045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



JURNAL CYBER TECH

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

PUSAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

STMIK TRIGUNA DHARMA

Jl. Pintu Air I/Jend. AH Nasution No. 73, Medan Johor
Sumatera Utara - Indonesia.

Phone: 061-8224051
Fax: 0618224051
Email: [email protected]