Implementasi Metode Waspas (Weight Aggregated Sum Product Assesment) Dalam Menentukan Prioritas Penyulang Padam Pada Saat Kondisi Defisit Arus Pada PT. Pln Persero Gardu Induk Namorambe

Authors

  • Guswan Jose Tarigan STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono S STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.2026

Abstract

 Masalah dalam menentukan penyulang yang padam, dimana untuk Gardu Induk Namorambe belum memiliki sistem yang lebih pasti  dalam menentukan penyulang yang harus padam. Sehingga dibutuhkan sistem yang mendukung mempercepat perhitungan dalam setiap kriteria yang telah ditentukan agar hasil yang didapat lebih pasti karena adanya data kuantitatif sebagai bahan pertimbangan.Dalam mendukung perhitungan dari setiap kriteria maka dibutuhkan suatu metode. Pada saat ini digunakan sebuah metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) dalam perhitungan kriteria tersebut. WASPAS sendiri merupakan metode untuk pengambilan keputusan berdasarkan penaksiran nilai tertinggi dan terendah. Hasil dari penelitian ini adalah pertama berdasarkan hasil penerapan metode, maka metode tersebut dapat dipergunakan dalam menyelesaikan masalah pada sistem pendukung keputusan menentukan penyulang padam pada saat kondisi defisit arus, kedua berdasarkan hasil perancangan maka sistem pendukung keputusan untuk menentukan penyulang padam pada saat kondisi defisit arus menjadi solusi yang baik bagi sistem yang berjalan di Gardu Induk Namorambe, ketiga telah dilakukannya implementasi maka didapat hasil yang sangat sesuai dengan keputusan yang dilakukan secara manual dan layak dipergunakan oleh Pihak Gardu induk Namorambe dalam memecahkan masalah yang ada.

References

Https://id.wikipedia.org/wiki/Gardu_listrik, “No Title.†.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

Downloads

Published

2022-08-02

URN