Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Penyakit Kulit Pada Anjing Bichon Frise Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Sriwahyuni Simanungkalit STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.2021

Abstract

Anjing merupakan salah satu hewan yang paling sering dipelihara, khususnya anjing Bichon Frise yang pada akhir-akhir ini semakin populer dikalangan masyarakat. Sangat diperlukan perhatian khusus dalam memelihara anjing ini agar terhindar dari penyakit kulit yang menjadi penyakit paling sering terjadi. Pihak dari klinik hewan Sasmita Pet Clinic masih menggunakan cara yang manual dalam mendiagnosa penyakit yang memperlambat pemeriksaan pada anjing dan kemungkinan dokter hewan pada klinik sedang tidak berada di klinik sehingga menghambat proses diagnosa penyakit.Sistem pakar yang dapat mengadopsi kemampuan seorang pakar ke dalam komputer sehingga dapat membantu asisten dokter atau pengguna dalam mendiagnosa yang memberikan solusi untuk mengatasi masalah penyakit kulit dengan metode Dempster Shafer. Sistem yang dibangun dengan menerapkan metode Dempster Shafer akan menghasilkan diagnosis yang lebih akurat dan telah disesuaikan dengan perhitungan yang memberikan nilai kepercayaan pada pakar.

References

P. Sistem, P. Diagnosa, P. Asidosis, R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “RENALIS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN PENULUSURAN FORWARD CHAINING,†vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

A. Ayu and N. A. Hasibuan, “DIAGNOSA PENYAKIT SEPSIS,†vol. I, pp. 154–160, 2017.

H. T. Sihotang, “SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT KOLESTEROL PADA REMAJA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR ( CF ) BERBASIS WEB,†vol. 15, no. 1, pp. 16–23, 2014.

D. Sianturi, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Kelinci Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer,†vol. 6, no. 2, pp. 150–157, 2019.

Downloads

Published

2022-08-01

URN