Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi Bakteri Genus Borrelia SP (Lyme Disease) Pada Hewan Anjing Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Bobby Pratama Hura STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono T STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.2018

Abstract

Anjing merupakan hewan sosial sama seperti halnya manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih, diajak bermain, tinggal bersama manusia, dan diajak bersosialiasi dengan manusia dan anjing yang lain. Anjing memiliki posisi unik dalam hubungan antarspesies. Kesetiaan dan pengabdian yang ditunjukkan anjing sangat mirip dengan konsep manusia tentang cinta dan persahabatan. Salah satu penyakit yang kerap diderita oleh anjing peliharaan adalah penyakit Infeksi Bakteri Genus Borrelia SP (Lyme Disease). Penyakit Lyme Disease merupakan penyakit menular pada anjing yang terkadang jarang diketahui oleh si pemilik hewan. Untuk mengecek penyakit ini dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh si pemilik hewan. Ketidaktahuan tentang penyakit ini bisa saja menyebabkan timbulnya infeksi atau bahkan dapat menular ke tubuh manusia. Sistem pakar merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang pakar. Sistem pakar menggunakan pengetahuan (knowledge), fakta, dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dari bidang yang bersangkutan. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Teorema Bayes yang dapat membantu pemilik hewan dalam mengetahui penyakit hewan anjing yang tergolong oleh serangan Infeksi Bakteri Genus Borrelia SP (Lyme Disease).

References

B. Penelitian Veteriner, "CANINE PARVOVIRUS PADA ANJING INDRAWATI SENDOW," WARTAZOA, vol. 3, no. 2, p. 2, 2013.

Febby Kesumaningtyas, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMENSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING STUDI KASUS (DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PADANG PANJANG)," Jurnal Ed ik Informatika, vol. 3, no. 2, 2016.

I. H. Santi and B. Andari, "Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis Kulit Wajah dengan Metode Certainty Factor," INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, p. 159, 1 7 2019.

A. W. Ganda Anggara11), Gede Pramayu2), "MEMBANGUN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 201 6, no. ISSN : 2302-3805, pp. 6-7, 2016.

N. A. Hutagalung, K. Kunci-:, M. Bayes and S. Pakar, "IMPLEMENTASI METODE BAYES PADA SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT POLIO".

Downloads

Published

2021-09-06

URN