E- Security di dalam Digital Signature Berbasis Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) 128 Bit pada Slip Gaji Pegawai di Kantor Walikota Medan

Authors

  • Ainun Haviza Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha
  • Ardianto Pranata

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.2011

Abstract

Gaji adalah kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada pegawainya sebagai balas jasa atas kontribusiyang diberikan pegawai kepada pegawai. Slip gaji merupakan catatan ringkas yang terdapat hak yang semestinya diterima oleh pegawai dalam jangka waktu tertentu yang diserahkan bukan hanya sebagai bukti formalitas dan catatan total gaji yang diberikan. Slip gaji dapat berfungsi untuk pinjaman ataupun pengajuan kartu kredit atas dasar permohonan pegawai. Slip gaji sering sekali dipalsukan dan disalahgunakan. Kantor walikota medan merupakan instansi pemerintahan yang harus memiliki sistem penggajian yang aman, salah satunya pada slip gaji agar terhindar dari ancaman modifikasi, interupsi, dan gangguan dari pihak yang tidak bersangkutan terhadap data pegawai.Dengan ini diperlukan sebuah sistem yang bisa menambahkan keamanan pada slip gaji. Kemanan ini dilakukan dengan cara menambahkan sebuah algoritma kriptografi yaitu algoritma Advanced Encryption Standard 128 bit untuk mengenkripsi dan hasil enkripsi dijadikan Digital Signature untuk ditambahkan kedalam slip gaji.Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem bisa menambah keamanan pada slip gaji dengan sangat baik dan menghindari terjadinya penyalahgunaan atau manipulasi oleh pihak yang tidak bersangkutan

Author Biographies

Jaka Prayudha

STMIK Triguna Dharma

Ardianto Pranata

STMIK Triguna Dharma

References

REFERENSI

P. Group, “Pentingnya Cyber Security,†2019. [Online]. Available: http://www.phintraco.com/pentingnya-cyber-security/.

R. Jermias, “Analisa Sistem Informasi Akuntansi Gaji Dan Upah Pada PT. BANK SINARMAS Tbk. MANADO,†J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 814–828, 2016.

H. Agung, “Kriptografi Menggunakan Hybrid Cryptosystem dan Digital Signature.â€

H. Haryanto, R. Wiryadinata, and M. Afif, “Implementasi Kombinasi Algoritma Enkripsi Aes 128 Dan Algoritma Kompresi Shannon-Fano,†vol. 3, no. 1, 2014.

M. I. Fitrianda, “Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember,†2013.

A. Arif, P. Mandarani, and M. Tenik Informatika, “Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (Aes) 128 Bit Pada Sistem Keamanan Short Message Service (Sms) Berbasis Android,†vol. 4, no. 1, 2016.

R. Sadikin, Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java, I. ANDI Yogyakarta, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

URN