Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) pada Bayi Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Nelvi Siagian STMIK Triguna Dharma
  • Saniman S STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani E STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2000

Abstract

                Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah terjadinya infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru. Infeksi yang terjadi lebih sering disebabkan oleh virus meski bakteri juga bisa menyebabkan kondisi ini. Kondisi ini menyebabkan fungsi pernafasan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani, ISPA dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan tubuh.              Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibangun sebuah Sistem Pakar dimana manusia dapat berfikir seperti layaknya seorang pakar yang dapat memberikan sebuah keputusan yang akurat dalam menangani penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Dempster Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal, yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwaâ€. Program yang digunakan berbasis visual basic(VB), untuk mempermudah pengguna didalam mendiagnosa penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)Hasil dari penelitian ini : dapat mempermudah pengguna untuk melakukan analisis terhadap penentuan jenis penyakit pada ISPA menggunakan metode Dempster Shafer sehingga dapat memberikan hasil informasi dan mengetahui diagnosa awal penyakit. Sehingga masyarakat mendapat solusi untuk mengatasi penyakit tersebut .

References

M. Marlina, W. Saputra, B. Mulyadi, B. Hayati, and J. Jaroji, “Aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit ispa berbasis speech recognition menggunakan metode naive bayes classifier,†Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 1, pp. 58–70, 2017, doi: 10.31849/digitalzone.v8i1.629.

M. Papuangan and M. Salmin, “Penggunaan Algoritma Nearest Neighbor Pada Sistem Penalaran Berbasis Kasus Untuk Diagnosis Penyakit ISPA,†J. Serambi Eng., vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.32672/jse.v5i1.1739.

H. Sri, “Gambaran Faktor Penyebab Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) Pada Balita Di Puskesmas Pasirkaliki Kota Bandung,†J. Ilmu Keperawatan, vol. 11, no. 1, pp. 62–67, 2014.

M. Zunaidi, M. Syahril, A. W. Lubis, P. Studi, and S. Informasi, “Penerapan sistem pakar untuk mendeteksi penyakit infeksi saluran pernafasan dengan metode dempster shafer,†1978.

A. Deprianto, Wamiliana, “Pengembangan Sistem Pakar Berbasis Web Mobile Untuk Mengidentifikasi Penyebab Kerusakan Telepon Seluler Dengan Menggunakan Metode Forward Dan Backward Chaining,†J. Komutasi, vol. 1, no. Sistem Pakar, pp. 1–9, 2015, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles

URN