Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Penjualan Sepatu Laviola Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus PT. Matahari Departemen Store Thamrin Plaza)

Authors

  • Sherliyka Angelina
  • aza nudin
  • jufri halim

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.1965

Abstract

Daya tarik yang ditawarkan oleh PT. Matahari Departemen Store pada umumnya berkaitan dengan kualitas layanan. Di mana kualitas layanan yang dimaksud dijabarkan pada tangibles, reliability, responssiveness, assurance, dan emphaty yang dalam penerapannya berbeda antara satu perusahan dengan perusahaan lainnya. Dalam tren penjualan jasa sucofindo dibutuhkan analisis tren penjualan jasa pada PT. Matahari Departemen Store. Berdasarkan  hal tersebut pengelompokan tren penjualan dapat diterapkan menggunakan konsep keilmuan Data Mining.Penerapan Data Mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya pada yang mengunakan Data Mining untuk mempredeksi pencapaian yang target penjualan pada tren penjualan. Algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data Mining pada kasus mengestimasi target penjualan jasa di PT Matahari Departemen Store Medan menggunakan metode algoritma apriori.   Penerapan metode algoritma apriori  telah digunakan dalam berbagai kasus mengestimasi data seperti pada digunakannya regresi linear berganda untuk mengetahui pencapaian penjualan berdasarkan tren penjualan. Selain itu dalam untuk mengetahui target penjualan di wilayah Indoenisa. Sehingga Metode Algoritma Apriori  sangat sesuai dan dapat mengestimasi target penjualan di PT. Matahari Departemen Store. Kata Kunci: Trend Penjualan, Data Mining, Algoritma Apriori 

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE APRIORI DALAM PENGELOMPOKKAN PENJUALAN PRODUK PADA SWALAYAN FADHILA," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "MEMANFAATKAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN PEGAWAI YANG LAYAK MENGIKUTI ASESSMENT CENTER UNTUK CLUSTERING PROGRAM SDP," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan Apriori pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah.

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018.

S. Jaya, C. Anwar, H. Hermawan, U. Pembangunan Jaya, T. Selatan Jl Cendrawasih No, S. Baru and K. Tangerang Selatan, "SISTEM PEMILIHAN PROGRAM STUDI BERDASARKAN BAKAT, MINAT DAN KECERDASAN CALON MAHASISWA BERBASIS ONLINE".

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "PENERAPAN METODE CLUSTERING APRIORI DALAM PENGELOMPOKAN PENJUALAN PRODUK," 2016.

Rosa A.S dan M.Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, VOL 1 ed., Bandung: Informatika Bandung, 2018.

J. Rumbaugh, I. Jacobson and G. Booch, The unified modeling language reference manual, Addison-Wesley, 1999, p. 550.

Sulastri dan Sarwindah, "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR PADA HOTEL JATI WISATA PANGKALPINANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK," 2014.

F. Fransisca and Y. Robertus Isak, "Perancangan Aplikasi Alat Bantu Ajar Tebak Gambar Dengan Visual Studio 2010 Pada Sekolah Dasar Perguruan Buddhi," 2016.

N. Budi Riyanto and O. Suria, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Mengunakan Metode Teorema Bayes 7".

Downloads

Published

2018-07-25

Issue

Section

Articles

URN