Pengembangan Aplikasi Perbaikan Citra Hasil Pengambilan Kamera Handphone Dengan Menerapkan Metode Contrast Stretching

Authors

  • Mulkanul Ilmi Lubis STMIK Triguna Dharma
  • Saniman S STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.1963

Abstract

Adalah koordinat spasial dan f pada titik (x, y) merupakan tingkat kecerahan atau brightness suatu citra pada suatu titik. Suatu citra diperoleh dari penangkapan kekuatan sinar yang dipantulkan oleh objek. Meskipun sebuah citra kaya akan informasi, namun seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu degradasi citra yaitu penurunan kualitas citra, misalnya karena mengandung cacat atau derau atau noise, warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur atau blurring, dan sebagainya. Oleh karena itu perlu suatu proses perbaikan mutu citra terhadap citra yang mengalami derau atau noise tersebut sehingga citra dapat dengan mudah diinterpretasikan baik oleh manusia ataupun mesin salah satunya dengan menggunkan aplikasi.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan perbaiakan citra, dengan sebuah apliaksi menggunakan metode contrast scretching. Maka dari itu dirancanglah sebuah aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode contrast scretching untuk memperbaiki citra hasil pengambilan kamera handphone. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan perbaikan citra secara sistematis, sehingga dapat dilakukan perbaikan kualitas citra hasil pengambilan kamera handphone.  

References

F. Aditiya and R. A. Sandra, “Perbaikan Citra Hasil Kamera Handphone Dengan Metode Median Filter,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 401–404, 2020.

H. Abdurahman, A. R. Riswaya, and A. Id, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha BHakti,†Apl. Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha BHakti, vol. 8, no. 2, pp. 61–69, 2014.

B. Purba, “Aplikasi Perbaikan Kualitas Citra Hasil Penginderaan Jauh ( Remote Sensing ) Dengan Metode Contrast Stretching,†J. Times, vol. VI, no. 2, pp. 26–36, 2017

Downloads

Published

2019-10-30

URN