Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pneumothorax Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Sul ai man STMIK TrigunaDharma
  • ishak is STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.1949

Abstract

Pneumothorax merupakan penyakit yg mengalami gangguan pada organ paru paruKondisi ini dapat menimbulkan gejala yang khas, terutama terasa pada organ paru paru. Umumnya gejala penyakit Pneumothorax muncul secara spontan, bahkan ketika pengidapnya tengah beristirahat. Pada awalnya, penyakit ini muncul dengan gejala sakit pada organ paru paru yang muncul mendadak. Selain itu kondisi ini juga ditandai dengan adanya muncul rasa nyeri pada dada, sesak nafas, munculnya rasa nyeri dan sensasi tertarik di dada.Dalam sistem pakar terdapat beberapa metode yang biasa digunakan, salah satu nya adalah certainty factor. Certainty factor merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. Pada hasil akhir dalam pengujian sistem dapat menampilkan hasil diagnosa penyakit beserta nilai dan perhitungan berdasarrkan metode teorema bayes sehingga dapat membantu pengguna dalam mendiagnosa penyakit Pneumothorax dan dapat juga memberikan solusinya atau penanganannya. Untuk hasil yang maksimal sistem masih membutuhkan pengembangan program sejenis dengan domain yang lebih luas. 

References

A. P. Amanda and O. Wijayanti, “Pneumotoraks pada Tuberkulosis Milier : Sebuah Laporan Kasus.â€

A. Rahman, “Asnidar-profesi-FIK UI-full text-2019,†no. May 2019, 2020.

M. K. anik andriani, Pemrograman Sistem Pakar, MediaKom. Yogyakarta: MediaKom, 2017.

F. Rahmi Ras, H. Nelly Astuti, and B. Efori, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

I. Russari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal Menggunakan Teorema Bayes,†J. Ris. Komput., vol. 3, pp. 18–22, 2016.

M. J. Tobin, “Asthma, Airway Biology, and Nasal Disorders in AJRCCM 2003,†Am. J. Respir. Crit. Care Med., vol. 169, no. 2, pp. 265–276, 2004.

Downloads

Additional Files

Published

2019-01-25

URN