Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 Bit Untuk Keamanan Data Transaksi Penjualan Pada PT. MITSUBISHI ELECTRIC INDONESIA

Penulis

  • Fandi Ahmad Sitorus STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.1943

Abstrak

Data transaksi penjualan merupakan sebuah data yang berisi beberapa data peribadi seperti nama customer, alamat customer, nomor handphone customer, dan lain-lain yang bersifat rahasia. Kebanyakan data transaksi penjualan hanya disimpan begitu saja tanpa ada kemanan yang bisa mengamankan data-data tersebut dari pihak yang tidak seharusnya tau data-data tersebut.Dari uraian diatas perlu suatu sistem yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan membangun sebuah sistem dengan penerapan kriptografi untuk mengamankan data transaksi penjualan pada PT. MITSUBISHI ELECTRIC INDONESIA menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 bit, dengan dibangunnya sistem ini diharapkan dapat membantu pihak PT. MITSUBISHI ELECTRIC INDONESIA dalam mengatasi permasalahan yang terjadiHasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi pengamanan data dengan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) 128 bit yang dapat membantu admin dalam mengamankan data transaksi penjualan di PT. MITSUBISHI ELECTRIC INDONESIA.   

Referensi

G. W. Bhaudhayana and I. M. Widiartha, “Implementasi algoritma kriptografi aes 256 dan metode steganografi lsb pada gambar bitmap,†J. iImu Komput. Univ. Udayana, vol. 8, no. 2, pp. 15–25, 2015.

A. Kusyanti and K. Amron, “Analisis Perbandingan Algoritma Advanced Encryption Standard Untuk Enkripsi Short Message Service ( SMS ) Pada Android,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 4281–4289, 2018.

R. Tullah, M. I. Dzulhaq, and Y. Setiawan, “Perancangan Aplikasi Kriptografi File Dengan Metode Algoritma Advanced Encryption Standard ( AES ),†J. Sisfotek Glob., vol. 6, no. 2, pp. 24–30, 2016.

J. Prayudha, “Implementasi Keamanan Data Gaji Karyawan Pada PT . Capella Medan Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard ( AES ),†Sains dan Komput., vol. 18, no. 2, 2019.

V. Novianty, J. Algoritma, S. Tinggi, T. Garut, and I. Pendahuluan, “Mengamankan Basis Data Keuangan Koperasi,†J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. Vol. 12, pp. 1–7, 2015.

G. Gumira, Ernawati, and A. Erlanshari, “Implementasi Metode Advanced Encryption Standard ( AES ) Dan Message Digest 5 ( MD5 ) Pada Enkripsi Dokumen ( Studi Kasus LPSE UNIB ),†J. Rekursif, vol. 4, no. 3, pp. 277–287, 2016.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-08-04

Terbitan

Bagian

Articles

URN