Penerapan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS) dalam memilih kepala outlet pada PT.Mawar Dewi Pertiwi

Authors

  • Dinda Dwi Safira STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Marsono M STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ita Mariami STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1929

Abstract

Untuk menjaga kualitas produk secara konsisten, tentunya dibutuhkan koordinasi antar outlet, agar kesamaan kualitas dan cita rasa sama pada setiap outlet. Hal inilah yang perlu diatur oleh setiap kepala outlet yang berada dalam  PT.Mawar Dewi Pertiwi. Namun dikarenakan posisi untuk kepala outlet adalah posisi yang sangat penting, tentu tidak sembarangan pegawai dapat diangkat menjadi kepala outlet, hanya pegawai yang memenuhi kriteria dan yang terbaiklah yang dapat menjadi kepala outlet. Terkadang didalam proses pemilihan tentu memiliki banyak kendala misalnya, kepala outlet dipilih secara subjektif, yang artinya hanya pegawai yang dekat dengan atasan saja yang dapat menjadi kepala outlet dan bukan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu cara ataupun sistem yang dapat digunakan untuk membantu dalam pemilihan kepala outlet yang ada pada PT.Mawar Dewi Pertiwi. Pada permasalahan yang dibahas, dapat menerapkan Sistem Pendukung Keputusan salah satunya ialah metode ARAS dalam memilih kepala outlet pada PT.Mawar Dewi Pertiwi. Sehingga kualitas produk secara konsisten dapat dipertahankan dengan koordinasi antar outlet. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode ARAS yang dapat membantu PT.Mawar Dewi Pertiwi dalam memilih kepala outlet pada PT.Mawar Dewi Pertiwi

References

E. Ningsih, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB,†ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, 2017.

Heri Syahputra, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†SAINTEKS, vol. 1, nº 1, pp. 678 - 685, 2019.

C. Maulana, A. Hendrawan, A. Praba e R. Pinem, “PEMODELAN PENENTUAN KREDIT SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT (ARAS),†Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, vol. 15, nº 1, 2019.

D. M. Midyanti, R. Hidyati, S. Bahri, F. Matematika, D. Ilmu, P. Alam e U. Tanjungpura Pontianak, “PERBANDINGAN METODE EDAS DAN ARAS PADA PEMILIHAN RUMAH DI KOTA PONTIANAK,†vol. 4, nº 2, pp. 2502-714, 2019.

ARIF SUSANTO, “PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK SELEKSI GURU TETAP YAYASAN ADHI LUHUR PADA SMK MAHADHIKA 2 JAKARTA,†Faktor Exacta, vol. 1, nº ISSN: 1979-276X , pp. 84-97, 2014.

S. Wahyuningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang,†Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, nº 1, 2014.

H. Syahputra, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan,†Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) , vol. 1, nº 1, 2019.

Downloads

Published

2021-10-30

URN