PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA POLA PENJUALAN PAKAIAN PADA “BUTIK ANEKA” DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • aries yahya STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Firahmi Rizky STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.1926

Abstract

Setiap hari fhasion store pastinya banyak terdapat banyaktransaksi penjualan produk pakian data pepenjualan setiap harinya bertambah waktu dan menyababkan data transaksi penjualan. Produk yang tidak tersusun sehingga membuat pihak toko mungkin sulit untuk mengelola secara kasat mata karena di situ banyak sekali tuntutan dari pelanggan yang sanggat mempengaruhi penjualan karena untuk meningkatkan minat para calon pembeli Permasalahan yang dihadapi oleh toko pakaian butik aneka adalah kurangnya pengelolahan terhadap pakaian yang diminati oleh pelanggan karena kurangnya penataan letak produk yang tidak teratur. Penataan letak produk yang lebih baik dan teratur dapat dilakukan dengan menganalisa pakaian yang lebih baik dari sebelum nya supaya pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut dan fasilitas toko harus memumpuni suapaya pelanggan betah berbelanja ditoko tersebut. Pemilik toko dapat mengetahui kecendrungan kombinasi produk pakaian apa yang cocok ditampilkan didepan atau menerka posisi merk dalam penyusunan, sehingga menyababkan tidak maksimalnya penjualan

References

A. I. Husin and F. Mulyaningsih, “Penerapan Metode Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan Pakaian Dengan Algoritma Apriori,†Sniptek, pp. 45–56, 2015.

Y. Pratama Wibawa, “IMPLEMENTASI DATA MINING MENENTUKAN MEREK CELANA DALAM YANG PALING BANYAK DIPAKAI DI KELAS 14.1A.01 DENGAN ALGORITMA APRIORI,†pp. 57–62, 2016.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

Downloads

Published

2022-07-21

URN