Data Mining Untuk Memprediksi Penjualan Buah Sawit Menggunakan Metode Multi Regresi Pada PT. Karya Hevea Indinesia

Authors

  • emil zainal STMIK Triguna Dharma
  • Azzanuddin A STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.1923

Abstract

Data mining, sering juga disebut knowledge discovery in database (KKD), adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian data historis untuk menemukan keteraturan, pola atau hubungan dalam set data berukuran besar. Keluaran dari data mining bias dipakai untuk memperbaikin pengambilan keputusan dimasa depan. Masalah yang sering terjadi pada PT. Karya Hevea Indonesia untuk memprediksi harga penjualan ditahun berikutnya agar perusahaan tidak menanggung kerugian penjualan dibulan berikutnya. Masalah lain yang dapat dalam instansi tersebut belum mempunyai sistem untuk memprediksi harga penjualan sawit agar mengetahui angka penjualan ditahun selanjutnya sehingga diperlukan suatu metode Algoritma Multi Regresi Linear. Maka dengan dibuatlah Penerapan Data Mining Memprediksi Penjualan Buah Sawit Mengunakan Metode Multi Regresi. Algoritma Multi Regresi yang merupakan metode yang mendukung dalam memperkirakan atau mempredisi target penjualan buah sawit untuk ditahun berikutnya. Pengujian Algoritma dilakukan dengan software Visual Studio Code. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat membantu pihak PT. Karya Hevea Indonesia untuk mempermudah dalam memprediksi penualan buah sawit dengan menggunakan Software Visual Studio Code. Untuk itu dikembangkan sebuah Data Mining menggunakan Metode Multi Regresi yang digunakan untuk Memprediksi hasil penjualan buah sawit pada PT. Karya Hevea Indonesia                Dengan hasil penelitian ini, yang pertama Data Mining sangat berpengaruh dalam penentukan nilai penjualan buah sawit pada PT. Karya Hevea Indonesia. Kedua, Metode Multi Regresi dapat membantu dalam proses perhitungan koefisien dan prediksi permasalahan. Ketiga, pembangunan aplikasi Data Mining berbasis Web yang digunakan dapat membantu pihak perusahaan dalam menentukan harga penjualan buah sawit agar perusahaan tidak merasakan kerugian sangat besar.

References

Y. S. Wedianto, A., sari, H.L.,&H, “Jurnal Media Infotama,†J. media infotama, vol. 12(1), pp. 12–30, 2016.

J. E. A. dan T. P. L. Turban, E., Decision Support System and Intelligent Systems - 7 th ed. Pearson Education, Inc. Pearson Education, Inc. ANDI. Yogyakarta., 2005.

D. . Johnson, R.A. and Wichern, pplied Multivariate Statistical Analysis. Fifth edition, Prentice Hall Inc. 2002.

W. Sun, Y.X., Zhao, G.C., and Yan, Age Estimation on The Female Sternum by Quantification Theory I and Stepwise Regression Analysis. Forensic Science International, 1995.

Downloads

Published

2022-07-22

URN