PENERAPAN METODE MOORA (MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS) MENENTUKAN KELAYAKAN SUPIR BUS PARIWISATA PADA PO.REZKY TRANSPORT MEDAN

Authors

  • MUHAMMAD IKHSAN AZHARI STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Iskandar Zulkarnain
  • Rina Mahyuni

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.1920

Abstract

Rezky Transport Medan adalah perusahaan yang bergerak di bidang angkutan bus pariwisata, masing-masing supir memiliki tugas  dan kewajiban yang telah diterapkan, tentu pemilihan kelayakan supir sangat berperan penting dalam mengendarai bus dengan baik. Saat ini Rezky Transport Medan menggunakan cara manual dalam memilih Supir terbaik dan membutuhkan waktu yang lama, untuk itu dibuthkan sebuah sistem dalam menentukan kelayakan Supir Bus.Sistem Pendukung Keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer untuk mendukung pengambilan keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam menentukan kelayakan Supir Bus Pariwisata pada Rezky Transport Medan adalah Metode Multi Objective Optimization On The Of Ratio Anlalysis (MOORA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya metode MOORA ini maka dihasilkan keputusan layak atau tidak layaknya seorang Supir Bus Pariwisata berdasarkan perhitungan yang sudah ditentukan dan telah disempurnakan kedalam sebuah Aplikasi. Dari Aplikasi ini diharapkan membantu pihak Rezky Transport Medan dalam menentukan Supir Bus Pariwisata yang efektif dan efisien. 

References

B. A. B. Ii, “© universitas medan area.â€

C. Fadlan, A. P. Windarto, and I. S. Damanik, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai ( Kasus : Desa Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela ),†vol. 3, no. 2, pp. 2–6, 2019.

M. D. Batubara and E. Indra, “Aplikasi Penyeleksian Supir Terbaik Online dan Non Online,†vol. 5341, no. October, pp. 72–81, 2019.

Saefudin and S. Wahyuningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang,†J. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, p. 33, 2014.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN