IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MENGANALISA POLA PENJUALAN KARTU PAKET DENGAN METODE FP-GROWTH

Penulis

  • Cindya Khasanah STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Ristamaya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1919

Abstrak

Persaingan di dunia bisnis saat ini khususnya pada bidang retail sangat berkembang pesat dengan ditunjukkan banyaknya toko-toko saingan di dalam penjualan Kartu Paket. Untuk itu Multimaxx Store mengupayakan membuat strategi penjualan yang dapat membantu meningkatkan angka penjualan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan retail sejenis lainnya.Pola penjualan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menentukan stategi penjualan yang berupa penempatan barang dan promo, dengan melihat seberapa penting suatu barang dibeli secara bersamaan pada sebuah toko retail. Strategi penjualan dapat dibuat dengan mengetahui kebiasaan konsumen dalam membeli barang. Dengan strategi penjualan tersebut diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan suatu toko retail.Data mining yang biasa disebut sebagai knowledge discovery in database (KDD) merupakan kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian data historis untuk menemukan keteraturan, pola hubungan dalam himpunan data yang berukuran besar. Salah satu teknik yang dikenal dalam data mining yaitu FP-Growth. FP-Growth adalah salah satu alternatif algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent item set) dalam sekumpulan data. Algoritma FP- Growth merupakan pengembangan dari Algoritma Apriori. Sehingga dibutuhkan satu Metode FP-Growth. Manfaat yang diperoleh dari aplikasi ini, Dapat menganalisa pola penjualan kartu paket pada management Multimaxx Store menggunakan Metode FP-Growth.

Referensi

V. N. Latifah, M. T. Furqon, and N. Santoso, “Implementasi Algoritme Modified-Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Sebagai Strategi Penempatan Barang Dan Promo,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 2829–2834, 2018.

J. Hakim and L. Belakang, “KARTU PERDANA ASING DI INDONESIA Telepon genggam sebagai alat komunikasi telah bertransformasi menjadi telepon pintar atau smartphone yang tidak hanya sekedar dimanfaatkan untuk berkomunikasi , namun juga termasuk kegiatan sehari-hari lainnya . Telepon ge,†vol. 3, pp. 11–25, 2020.

S. Handoko, E. Tri, and E. Handayani, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENJUALAN PAKET DATA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING,†vol. 25, no. 1.

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†vol. 3, no. 1, pp. 118–136, 2020.

S. Yakub, “Analisis Data Mining Untuk Strategi Promosi Produk Kosmetik Di Wardah Kosmetik Menggunakan Metode Apriori,†vol. 3, no. 1, pp. 163–181, 2020.

V. No, J. Banjarnahor, E. Reinaldo, and E. Indra, “PENERAPAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA ID3 UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN ( STUDI KASUS : PT . TATA WARNA CIPTA PERKASA ) JUSIKOM PRIMA ( Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima ),†vol. 3, no. 2, 2020.

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i1.1052.

Meilani, B. Dwi, and W. Azmuri, “Penentuan Pola Yang Sering Muncul Untuk Penerima Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat,†Semin. Nas. "Inovasi dalam Desain dan Teknol., pp. 424–431, 2015.

Diterbitkan

2021-10-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN