Implementasi Kriptografi Untuk Pengamanan Data Aset Perusahaan Pada PT.PLN (Persero) Dengan Menggunakan Metode Algoritma AES 192

Authors

  • Nazmi May Sarah STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Ristamaya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.1909

Abstract

PT. PLN (Persero) P3BS UPT MEDAN adalah PT PLN (Persero) Penyaluran dan Pengatur Beban Sumatera (P3B Sumatera). P3B Sumatera bukanlah lembaga yang benar-benar baru. Sebab P3B Sumatera merupakan penggabungan fungsi penyaluran dari PT PLN (Persero) Kitlur Sumbagut dan fungsi penyaluran PT PLN (Persero) Kitlur Sumbagut. Keamanan data adalah sesuatu yang sangat penting untuk melindungi kerahasiaan informasi kumpulan data yang sangat penting. Diperlukan suatu teknik pengamanan tambahan untuk menjaga suatu keamanan informasi penting tersebut. sebelum adanya teknik tambahan untuk menjaga suatu kerahasiaan data, bakalan banyak terjadi  melakukan hal yang tidak diinginkan yaitu serangan yang tidak bertanggung jawab, salah satunya adalah pencurian data. menggunakan algoritma kriptografi suatu cara yang tepat untuk melindungi kerahasiaan informasi data.Dari penelitian yang akan dibahas ini diharapkan sistem yang akan dirancang nanti akan membantu pihak perusahaan atau bagian staff yang memegang kendali bagian data aset perusahaan.

References

D. Kurniawan, R. Afyenni and R. Hidayat, "PROSIDING SEMINAR NASIONAL SISFOTEK (Sistem Informasi dan Teknologi) Implementasi Algoritma AES dalam Mengenkripsi Berkas Terintegrasi dengan Layanan Cloud Storage Berbasis Android".

L. A. Indrayani and I. M. Suartana, "Implementasi Kriptografi dengan Modifikasi Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) untuk Pengamanan File Document," 2019.

"Implementasi Algoritma Kriptografi Rivest Shamir Adleman (RSA) pada Tanda Tangan Digital," Yusuf Anshori, vol. 18, Mei 2019.

"Implementasi Keamanan Pesan Teks Menggunakan Kriptografi Algoritma Rsa Dengan Metode Waterfall Berbasis Java," Rudi Firmansyah, vol. 4, p. 1, 2019.

"Pembangunan Aplikasi Pembanding Kriptografi Dengan Caesar Cipher Dan Advance Encryption Standard (Aes) Untuk File Teks," Aji Fitrah Marisman, vol. 19, p. 1, Desember 2015.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-02

URN