Impelementasi Metode Perceptron Untuk Menentukan Kualitas Pupuk Organik di Badan Pusat Statistik

Authors

  • Fatma Sri Aulia STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.1907

Abstract

Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Selama ini, para petani tidak memperhatikan ciri dan juga unsur yang terdapat didalam sebuah pupuk. Sehingga terkadang pupuk yang digunakan oleh petani tidak maksimal dalam penggunaanya, dan menyebabkan kerugian bagi sebagian petani. Dalam hal ini diperlukan sebuah sistem dalam penentuan kualitas pupuk organik yang dapat memudahkan petani untuk melihat informasi tentang unsur hara yang baik dalam pupuk organik.Sistem inin ini dilakukan dengan menerapkan sebuah algoritma Jaringan Syaraf Tiruan yang bertujuan untuk menentukan kuaits pupuk yang telah didata sebelumnya. Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan yang digunakan algoritma Perceptron.  Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat menentukan kualitas layak atau tidaknya pupuk organik berdasarkan unsur hara yang terdapat di dalamnya.

References

B. P. Tanah, J. Tentara, P. No, and B. Email, “Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman,†Sumber Daya Lahan, vol. 9, pp. 107–120, 2015.

M. Yanto, “Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Dengan Algoritma Perceptron Pada Pola Penentuan Nilai Status Kelulusan Sidang Skripsi,†J. Teknoif, vol. 5, no. 2, pp. 79–87, 2017.

E. P. C. Edi Ismanto, “Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Backpropagation Dalam Memprediksi Ketersediaan Komoditi Pangan Provinsi Riau,†Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 2, no. 2, pp. 196–209, 2017.

M. B. dan A. S. Wibowo, “DOSIS PUPUK PHOSPHAT DAN TAKARAN PUPUK KANDANG SAPI PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN WIJEN (Sesamum indicum L),†J. Viabel Pertan., vol. 11, no. 2, pp. 29–38, 2017.

N. Buslim, “Pengembangan Algoritma Unsupervised Learning Technique Pada Big Data Analysis di Media Sosial sebagai media promosi Online Bagi Masyarakat,†J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 79–96, 2019.

M. Z. Julpan, Erna Budhiarti Nababan, “ANALISIS FUNGSI AKTIVASI SIGMOID BINER DAN SIGMOID BIPOLAR DALAM ALGORITMA BACKPROPAGATION PADA PREDIKSI KEMAMPUAN SISWA Julpan1*,†J. Teknovasi, vol. 02, pp. 103–116, 2015.

Downloads

Published

2022-07-27

URN