Penerapan Kriptografi Menggunakan Algoritma AES untuk Keamanan Data Penjualan P ada PT.Mestika Sakti

Authors

  • Muhammad Arif Hidayah Stmik Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho S.Kom,.M.Kom, Stmik Triguna Dharma
  • Mochammad Iswan S.Kom,.M.Kom, Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1901

Abstract

PT.Mestika Sakti Medan merupakan perusahaan farmasi atau perusahaan obat – obatan yang lebih terfokus untuk mendistribusikan obat. Distribusi sendiri merupakan kegiatan pemasaran yang fungsinya mempermudah kegiatan pengiriman atau penyampaian barang atau jasa dari pihak produsen ke pihak konsumen. Seiring perkembangan teknologi, hal tersebut memiliki dampak negatif berupa pencurian atau manipulasi data. Sehingga aspek keamanan pada dokumen sangat penting.[3]Dokumen rahasia perusahaan akan merugikan perusahaan apabila jatuh ke pihak yang tidak berhak untuk disalahgunakan. Karena terdapat pihak yang tidak berhak untuk disalagunakan. Karena hal tersebut, diperlukan suatu aplikasi pengamanan data tersebut, aplikasi pengamanan data yang bisa mengamankan suatu data serta tidak menimbulkan kecurigaan oleh pihak yang tidak berhak.[4]Pada permasalahan yang dibahas, dapat menerapkan Perancangan Aplikasi Keamanan Data salah satunya ialah menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES).Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Pengamanan Data dengan Advanced Encryption Standard (AES) yang dapat membantu  dalam mengamankan data penjualan pada PT. Mestika Sakti.

References

A. N. Putra, T. Septian, and A. W. Sudrajad, “Sistem Informasi Pendistribusian Obat Berbasis Web Pada Pt . Mersi Farma,†no. x, pp. 1–13, 2019.

P. Masyarakat, T. Tayangan, and S. Kopi, “hubungan antara adversity quotient dengan komitmen organisasi pada medical representative,†no. x, pp. 84–90, 2017.

F Fahira, “Peranan HPP (Harga Pembelian Pemerintah) terhadap Kegiatan Distribusi Beras pada PERUM BULOG Sumatera Barat,†vol. 3, no. September, pp. 1–47, 2019.

R. Rahmawati and D. Rahardjo, “Aplikasi Pengamanan Data Menggunakan Algoritma Steganografi Discrete Cosine Transform dan Kriptografi grafi AES 128 BIT pada SMK PGRI 15 Jakarta,†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. April, pp. 67–74, 2016.

A. Hybrid, K. Rsa, D. Kriptografi, and O. N. E. Time, “Muhammad Ghiyats Ristiana, 2017 ALGORITMA HYBRID KRIPTOGRAFI RSA DENGAN KRIPTOGRAFI ONE TIME PAD Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu,†pp. 1–4, 2019.

A. Rachman, “Analisis Algoritma pada Proses Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Advanced Encryption Standard ( AES ),†vol. 3, no. 2, pp. 112–115, 2018.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN