E-Diagnosis System Untuk Mendeteksi Penyakit Alveolar Osteitis Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Bambang Sunanda STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Azlan A STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.1891

Abstract

Alveolar osteitis adalah gangguan dalam penyembuhan luka berupa inflamasi yang meliputi salah satu atau seluruh bagian dari lapisan tulang padat pada soket gigi (lamina dura), dan salah satu kendala yang dihadapi masih kurangnya pengetahuan serta  informasi yang diperoleh masyarakat tentang penyakit ini yang mengakibatkan terhambatnya penanganan dini pada masyarakat yang teridentifikasi penyakit alveolar osteitis. Atas dasar masalah tersebut, maka dibuatlah sebuah teknologi atau penerapan sistem yang dapat memberikan pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan alveolar osteitis dan gejala-gejala yang terjadi ke dalam sebuah komputer berdasarkan proses akuisisi pengetahuan pakar atau ahli yaitu dengan menerapkan sistem pakar. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem pakar atau E-Diagnosis system dengan menerapkan metode Certainty Factor yang mampu menjawab permasalahan yang ada di masyarakat umum perihal penyakit alveolar osteitis.

References

A. El Hami and A. A. Sidik, “Studi Komparasi Self-Esteem Pengguna Iphone dan Bukan Pengguna Iphone pada Remaja,†Psympathic J. Ilm. Psikol., vol. 4, no. 2, pp. 183–192, 2017.

E. a. Mustofa., “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Analysis Swot Pada Yayasan Nurul Hayat Semarang,†J. Manage., 2018.

A. F. Nita Kumala Dewi, Soeb Aripin, Rivalri K Hondro, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Game Untuk Anak Usia 5-10 Tahun Menggunakan Metode ARAS,†Sainteks, pp. 635–642, 2019.

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†pp. 291–300, 2019.

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. Suginam, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 678–685, 2019.

Downloads

Published

2022-07-22

URN