Sistem PakarMendeteksi Kerusakan Lensa Cannon 1885 Pada Camera Cannon 1200 Dengan Mengggunakan Metode Dempster Shafer (DS)

Authors

  • Rizki Rastanta Ginting STIMK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STIMK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus STIMK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.1887

Abstract

Perawatan kamera DSLR mudah dilakukan apabila mengetahui yang harus dilakukan untuk merawat kamera tersebut Jika mengetahui lebih jauh tentang kerusakan kamera DSLR, terdapat beberapa kerusakan yang tidak perlu membutuhkan jasa service center karena orang awam pun dapat memperbaiki sendiri dengan peralatan seadanya di rumah. Oleh sebab itu dalam penelitian ini berupaya untuk membuat sebuah sistem pakar yang dapat membantu para pemilik kamera DSLR dengan lensa Canon 1855 agar dapat melakukan perawatan secara rutin dan jika mengalami kerusakan tanpa perlu membawa ke service center.Untuk mengatasi masalah yang dijelaskan diatas, salah satunya dengan membangun sistem pakar. Dengan adanya bantuan teknologikomputer sistem pakar ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam mendeteksi gejala kerusakan lensa canon 1855. Untuk mendeteksi kerusakan lensa canon 1855, sistem pakar ini menggunakan metode Dempster Shafer dengan memasukkan data kerusakan dan gejala-gejala.Sehingga dengan adanya sistem pakar ini bisa mempermudah pengguna mendapatkan informasi tentang gejala dan kerusakan lensa canon 1855. Sehingga dapat membantu pengguna dalam menemukan saran dan solusi terhadap kerusakan pada lensa canon 1855...

References

Awang Harsa Kridalaksana, Ariel Hidayat, Universitas Mulawarman, Program Studi, and Ilmu Komputer, "Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Kamera DSLR Menggunakan Metode Certainty Factor Sequential Dedy Cahyadi," Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, 2019.

Jurusan Teknik Elektro et al., "SISTEM PAKAR KERUSAKAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB Yenita Wijayana," Media Elektrika, vol. 12, no. 2, 2019.

Febby Kesumaningtyas, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Demensia Menggunakan Metode Forwart Chaining Studi Kasus (Di Rumah Sakit Umum Padang Panjanng),†Jurnal Edik Informatika, 2017.

Rusmin Saragih, Denny Jean Cross Sihombing, and Elvika Rahmi, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelapa Sawit Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web," Journal of Information Technology and Accounting, vol. I, no. 1, pp. 2614-4484, 2018.

Penelitian Bidang, Komputer Sains, Dan Pendidikan, Anggia Dasa Putri, and Dapit Pratama, "Jurnal Edik Informatika SISTEM PAKAR MENDETEKSI TINDAK PIDANA CYBERCRIME MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB DI KOTA BATAM,†2017.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN