Monitoring Suhu Panas Mesin Kendaraan Dengan Logika Fuzzy

Authors

  • Dongaran L Siregar STMIK Triguna Dharma
  • Dr Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.1883

Abstract

Overheating adalah suhu panas yang dihasilkan melebihi dari batas maksimal suhu yang telah ditetapkan. Dan apabila overheating terjadi pada mesin kendaraan, khususnya kendaraan roda empat yang sudah lama di Indonesia dengan sistem kerja mobil yang serba manual. Ini sangat berpotensi mengakibatkan kerusakan yang sangat besar bagi kendaraan tersebut.Sebagai Solusi dari kendala tersebut diperlukan adanya suatu sistem monitoring suhu panas mesin kendaraan. Sistem ini bekerja menggunakan sensor LM35, sensor DS18B20, Pompa air Dc, Fan, LCD, Buzzer, Led, Arduino Uno dan Module Relay. Arduino uno digunakan sebagai sistem kendali utama pada sistem ini yang dimana arduino adalah komponen yang mengatur dari kerja komponen lainnya. Beberapa komponen ini digunakan sebagai pendukung dari proses sistem monitoring suhu panas mesin kendaraan dengan logika fuzzy.Setelah dilakukan perancangan sistem monitoring suhu panas mesin kendarran ini dimana sensor DS18B20 digunakan untuk mengukur suhu panas air, sensor LM35 digunakan untuk mengukur suhu area ruangan mesin, pompa air DC digunakan untuk mengaliri air, LCD digunakan untuk menampilkan hasil suhu yang dihasilkan oleh inputan sensor, Buzzer dan led sebagai output apabila mencapai kategori overheating serta module relay untuk membantu menurunkan arus. Dengan adanya monitoring suhu panas mesin kendaraan ini diharapkan mampu membantu pengontrolan suhu pada mesin kendaraan khusunya kendaraan-kendaraan lama yang bekerja secara otomatis.

References

I W K Teja Sukmana, "Restaurant Revenue Management," vol. 11, no. 2, 2016.

Jurnal Pelita Informatika, Volume 18, Nomor 1, Januari 2019".

Erni Setyaningsih, Dhidik Prastiyanto, and Dan Suryono, "Penggunaan Sensor Photodioda sebagai Sistem Deteksi Api pada Wahana Terbang Vertical Take-Off Landing (VTOL),".

"Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi UNIVRAB "Sistem Kontrol Perternakan Ikan Dengan Menggunakan Mikrokontroller Berbasis Android" VOL. 2 No. 1, Januari 2017 ".

Arifin Wahid Ibrahim*1, Triyogatama Wahyu Widodo2 , Tri Wahyu Supardi3 1 Prodi Elektronika dan Instrumentasi, Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA 2,3Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM"Sistem Kontrol Torsi pada Motor DC" IJEIS, Vol.6, No.1, April 2016, pp. 93~104 ISSN: 2088-3714.

Downloads

Published

2022-07-18

URN