SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN MESIN PEMANGGANG ROTI MEREK HENG WEI TIPE GOM 200 DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • ramadhania syahfitri
  • mukhlis ramadhan
  • ismawardi santoso

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.1882

Abstract

PT Arma Anugrah Abadi  adalah perusahaan yang bergerak dibidang bakery yang cukup besar di kota medan maupun memiliki beberapa cabang di daerah kota medan. Dengan perusahaan besar dalam pengolahn produksi memiliki peralatan, perlengkapan dan tenaga kerja yang cukup besar dalam bagian produksi. Produksi yang cukup besar membutuhkan perawatan dalam memeriksa kerusakan mesin pemanggang roti merek heng wei tipe GOM 200. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang mesin pemanggang roti, mengakibatkan pelaku usaha roti mengalami kendala dalam menjalankan bisnis, serta dengan terlambatnya penanganan tersebut maka usaha terhenti dengan kendala mesin roti tersebut mengalami kerusakan. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam mendeteksi kerusakan mesin pemanggang roti untuk menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep Sistem Pakar. Sistem Pakar atau disebut Knowledge Based system yaitu suatu yang ditujukan untuk melakukan pengambilan keputusan atau pemecahan persoalan mendeteksi suatu kerusakan mesin pemanggang roti. Metode Sistem Pakar  dapat mengembangkan dalam upaya Mendeteksi kerusakan Mesin Pemangang Roti  Merek Heng Wei Tipe GOM 200 dengan menggunakan metode Teorema Bayes.Hasil dari metode teorema bayes dapat Mendeteksi Kerusakan Mesin Pemanggang Roti pada mesin pemagang dengan menghitung ketidakpastian data menjadi pasti atau Mendeteksi suatu kerusakan.Kata Kunci : Sistem Pakar, Mesin Pemanggang  , Teorema Bayes

References

N. Budi Riyanto and O. Suria, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Mengunakan Metode Teorema Bayes 7".

Reski Mai Candra dan Bambang Mirwanto, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Anxietas Dengan Menggunakan Teorema Bayes," Jurnal CoreIT, vol. Vol.4, 2018.

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

P. S. Ramadhan, "SISTEM PAKAR PENDETEKSIAN PSORIASIS POSTULAR MENGGUNAKAN KOMBINASI TEOREMA BAYES DENGAN EUCLIDEAN PROBABILITY," 2019.

H. T. Sihotang, E. Panggabean and H. Zebua, "SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT HERPES ZOSTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES," 2018.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan, M.Kom dan Usti Fatimah S.Pane, Mengenal Metode Sistem Pakar, Cetakan Pertama ed., Haqi, Ed., Medan: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

Downloads

Published

2022-07-21

URN