Diagnosis Analisys System Untuk Mengidentifikasi Penyakit Pulmonary Embolism Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • syaiful amri syah STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Dedi Setiawan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rina Mahyuni STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.1881

Abstract

Pulmonary Embolism adalah Suatu kondisi di mana satu atau lebih arteri di paru-paru menjadi terhalang oleh gumpalan darah,sering kali. Kondisi ini dapat  disebabkan oleh  pembekuan darah yang berasal dari kaki atau bagian lain dari tubuh, secara umum Pulmonary Embolism dapat bersifat ringan, sedang dan berat, serta kurangnya pengetahuan masyarakat serta tidak tercukupi tenaga ahli medis mengakibatkan terlambatnya penanganan terhadap pasien yang menderita penyakit Pulmonary Embolism.Melihat situasi yang terjadi maka dirancang sebuah Diagnosis Analsys System yang mampu menerapkan metode Certainty Factor untuk mendiagnosa jenis penyakit Pulmonary Embolism berdasarkan gejala-gejala klinis yang terjadi, proses penerapannya dengan terlebih dahulu mengumpulkan basis pengetahuan, kemudian melakukan penelusuran inferensi Forward Chaining terhadap rule-rule yang ada dan selanjutnya melakukan proses perhitungan metode Certainty Factor untuk mengetahui probabilitas dan jenis penyakit Pulmonary Embolism. Dengan adanya Sistem Diagnosis Analsys System ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat maupun dokter dalam pengambilan kesimpulan penyakit Pulmonary Embolism untuk dijadikan diagnosa awal.

References

S. H. Sihombing, “Penyakit Talasemia Dengan Menggunakan,†pelita Inform., vol. 18, pp. 107–112, 2019.

P. S. Hasibuan and M. I. Batubara, “Penerapan Metode Dempster Shafer Dalam Mendiagnosa Penyakit Faringitis,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, pp. 59–64, 2019.

P. S. Ramadhan, “Aplikasi Diagnosa Granulomatous Dermatis Menggunakan Certainty Factor,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 2, pp. 78–83, 2019.

E. F. Nasution, N. A. Hasibuan, and N. Silalahi, “Rancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pankreatitis Dengan Metode Certainty Factor,†Ilm. Inti, vol. 13, no. September, pp. 270–273, 2018.

H. N. Hidayat, Thofik and Nasution, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Educ. Dev., vol. 7, no. 3, pp. 114--114, 2019.

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles

URN