Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kepuasan Customer terhadap Tatabag_Store Menggunakan Metode Fuzzy Assosiatif Memory

Authors

  • Elmi Warisma STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Drs Sobirin

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.1877

Abstract

Persaingan di dunia bisnis  khususnya dalam dunia electronic commerce (ecommerce), menuntut Tatabag_store untuk menemukan strategi yang dapat meningkatkan usaha dibidang penjualan terutama harus meningkatkan pelayanan terbaik. Tatabag_store merupakan usaha yang bergerak dibidang Online Shop yang berdomisili di Medan. Barang yang dijual antara lain adalah kalung, anting, gelang dan cincin. Distribusi Tatabag_store meliputi seluruh wilayah Indonesia bahkan luar Negeri. Tatabag_store melakukan berbagai kebijakan¬-kebijakan dengan tujuan menarik para customer untuk belanja di Tatabag_store, untuk meningkatkan pendapatan (Income) usaha. Kebijakankebijakan yang dapat dilakukan antara lain adalah membuat promosi, menigkatkan mutu pelayanan dan selalu meperhatikan perkembangan serta iklan yang lebih menarik agar customer tetap berlangganan. maka dari itu pihak pengelola Tatabag_store harus tahu kepuasan dari customer –customer yang pernah membeli produk yang dijual toko online tersebut, agar pihak. Tatabag_store dapat melakukan koreksi ataupun evaluasi terhadap pelayanan yang telah dilakukan. Sehingga dikemudian hari pihak Tatabag_store dapat meningkatkan pelayanannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan customer [2]. Akan tetapi untuk mengetahui kepuasan dari pelayanan yang dilakukan pihak Tatabag_store tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mempermudah dalam menentukan kepuasan dari customer yang telah membeli barang ke Tatabag_store Salah satu sistem yang dapat membantu dalam menangani hal tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan  Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan untuk penilaian kepuasan Customer agar Tatabag Shop dapat berbenah demi meningkatkan kualitas pelayanannya Copyright © 2020 STMIK Triguna Dharma.   

Author Biography

Elmi Warisma, STMIK Triguna Dharma

mohon dikoreksi ya pak

References

A. Novri Falahin, L. Isyriyah and F. Eka Purwiantono, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

PEMILIHAN KARYAWAN BERPRESTASI HUGOS CAFE MALANG DENGAN METODE

TOPSIS," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 79-90, 2019.

W. Priatna and Suryadi, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Dalam Perluasan Usaha Kafe menggunakan Analytical Hierarchy Process," Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 3, no. 3, pp. 511-517, 14 12 2019.

M. Ihsan Zul and d. Satria Perdana Arifin, "Sistem Pendukung Keputusan u ntuk Pembelian Smartphone Menggunakan Metode Simple Additive Weight dan Fuzzy Associative Memory," Jurnal

KomputerTerapan, vol. 2, no. 1, pp. 27-40, 2016.

S. Wahyuningsih, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang," Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, 2014.

T. Murti, L. A. Abdillah and M. Sobri, "SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO".

A. A. Khoiruddin, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN CALON RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DENGAN METODE FUZZY

ASSOCIATIVE MEMORY," Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, pp. 1907-5022, 2008.

Marsono, "J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD Sistem

Pendukung Keputusan Menentukan Barang NG (Not Good) di PT.Sagami Indonesia Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Assosiative Memory (FAM)," ï®, vol. 71, no. 2, pp. 71-80, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN