PENRAPAN DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKKAN DATA MEMBER RESTORAN DENGAN MENGGUNKAN METODE HIERARKI AGGLOMERATIVE SINGLE LINGKAGE PADA RESTORAN AL-JAZEERAH MEDAN

Authors

  • Kumala Sari STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril SE., M.Kom STMIK Triguna Dharma
  • Suharsil SE., M.M SMIK Tiguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.1876

Abstract

Restoran Al-Jazeerah merupakan restoran dengan konsep arabian atau timur tengah yang dapat menampung sekitarseratus tiga puluh hingga seratus lima puluh orang. Para pelanggan restoran al-jazeerah juga diberikan tambahan pelayanan salah satunya yaitu member restoran.  Dalam usaha peningkatan pelayanan, diperlukan adanya pemetaan/sebaran data pelanggan di restoran al-jazeerah.Sehingga segmentasi pasar semakin jelas dan dapat dijadikan bahan pengembilan keputusan untuk strategi pasar dimasa yang akan datang. Restoran al-jazeerah kesulitan dalam mengelompokkan member restoran baik dari dalam maupun di luar kota medan untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran dikarenakan masih berdasarkan pada data manual.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan pengelompokkan data member resroan, dengan sebuah aplikasi data mining menggunakan metode hierarki agglomerative single lingkage. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode hierarki agglomerative single lingkage untuk mengelompokkan data  member restoran kedalam beberapa cluster.Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan pengelompokkan data member restoran secara sistematis dan menyeluruh, sehingga hasil dari pengelompokkan itu, dapat dijadikan sebagai bahan strtegi pemasaran yang tepat dimasa yang akan datang.

Author Biography

Suharsil SE., M.M, SMIK Tiguna Dharma

PENRAPAN DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKKAN DATA MEMBER RESTORAN DENGAN MENGGUNKAN METODE HIERARKI AGGLOMERATIVE SINGLE LINGKAGE PADA RESTORAN AL-JAZEERAH MEDAN

References

L. Ramadhani, I. Purnamasari, and F. D. T. Amijaya, “Penerapan Metode Complete Linkage dan Metode Hierarchical Clustering Multiscale Bootstrap (Studi Kasus: Kemiskinan Di Kalimantan Timur Tahun 2016),†Eksponensial, vol. 9, no. 2016, pp. 1–10, 2018.

Y. Irawan, “Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Data Penjualan Menggunakan Metode Clustering Dan Algoritma Hirarki Divisive,†Jtiulm, vol. 4, pp. 13–20, 2019..

L. Zahrotun, “Analisis Pengelompokan Jumlah Penumpang Bus Trans Jogja Menggunakan Metode Clustering K-Means Dan Agglomerative Hierarchical Clustering (Ahc),†J. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1039–1047, 2015, doi: 10.26555/jifo.v9i1.a2045.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-02

URN