PENERAPAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI GANGGUAN JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) PADA PT. SMART GLOVE INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Authors

  • Alex Zavara STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin bpc STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.1848

Abstract

Local Area Network atau biasa disebut dengan LAN merupakan sekelompok komputer yang saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi, berbagi data, dan lain-lain yang berada pada suatu area tertentu. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer - komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan terutama di PT. Smart Glove Indonesia. Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan deteksi gangguan LAN, dengan sebuah aplikasi sistem pakar menggunakan metode teoerma bayes. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode teoerma bayes dimana nilai kesimpulan akhir dijadikan informasi untuk untuk jenis gangguan pada LAN berdasarkan gejala – gejla yang telah ditentukan . Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan deteksi gangguan LAN secara sistematis, sehingga dapat dilakukan penanganan ataupun pencegahan yang tepat sesaui dengan hasil dari deteksinya

References

R. Rizky, A. H. Wibowo, Z. Hakim, and L. Sujai, “Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Jaringan Local Area Network (LAN) Menggunakan Metode Forward Chaining,†J. Tek. Inform. Unis, vol. 7, no. 2, pp. 145–152, 2020, doi: 10.33592/jutis.v7i2.396.

R. Andriani and B. D. Prakoso, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Hyperopia Dan Myopia Pada Manusia Berbasis Android Mengguanakan Teorema Bayes,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 13–18, 2016.

S. Winiarti, “JURNAL INFORMATIKA Vol 2, No. 2, Juli 2008,†Pemanfaat. Teorema Bayes Dalam Penentuan Penyakit THT, vol. 2, no. 2, pp. 209–219, 2008.

Downloads

Published

2021-12-30

URN