Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Depo Baru Menggunakan Weight Product (Studi Kasus PT.Nippon Indosari Corpindo)

Authors

  • muhammad tedy
  • mar sono
  • erika fahmi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.1839

Abstract

PT. Nippon Indosari Corpindo adalah perusahan produsen roti terbesar di Indonesia yang berdiri pada tahun 1995. Dalam perusahaan mengalami masalah menentukan lokasi Depo yang akan dibangun, yang mana sangat dibutuhkan oleh  perusahaanKomputer telah digunakan secara luas di berbagai bidang, khususnya dalam bidang pengambilan keputusan. Hal ini dapat mendorong para ahli untuk semakin mengembangkan sistem agar membantu kerja manusia bahkan melebihi kemampuan kerja manusia itu sendiri dan dapat membantu suatu sistem pendukung keputusan dalam menentukan lokasi Depo. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam menentukan lokasi Depo yang akan dibangun dengan menggunakan metode sistem pendukung keputusan yang dapat menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep SPK (Sistem Pendukung Keputusan). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan aplikasi interaktif berbasis komputer yang mengkombinasikan data dan model matematis untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam menangani suatu masalah [1].  Dengan adanya suatu sistem pendukung keputusan yang ditujukan untuk melakukan pengambilan keputusan atau pemecahan persoalan  dalam menentukan lokasi Depo baru[2]. Dengan adanya menentukan lokasi Depo mempercepat kinerja karyawan dalam mendistribusikan barang ataupun tidak jauh dari Agen maupun Distributor. Metode sistem pendukung keputusan  dapat mengembangkan dalam upaya dalam menetukan lokasi tempat yang akan dibangun  dengan menggunakan metode Weight Product.Implementasi Metode Weight Product merupakan menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Proses ini sama halnya dengan proses normalisasi. Preferensi untuk alternatif Ai. Beberapa model sistem pendukung keputusan banyak diterapkan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan salah satunya adalah Weight Product dalam menentukan lokasi Depo pada PT. Nippon Indosari Corpindo. Kata Kunci: Depo, Sistem Pendukugn Keputusan, Weight Product

References

Nasrun, " Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Wp) Pada Stmik Royal, 2018.

Anggi Gita, " Analisis Penataan Penumpukan Kontainer Terhadap Lahan Depo di PT. Mentari Sejati Perkasa Surabaya," JURNAL TEKNIK ITS, Vols. Vol. 1, No. 1, 2012.

W. H. Shrank, S. M. Cadarette, E. Cox, M. A. Fischer, J. Mehta, A. M. Brookhart, J. Avorn and N. K. Choudhry, "Is there a relationship between patient beliefs or communication about generic drugs and medication utilization?," Medical Care, vol. 47, no. 3, pp. 319-325, 3 2009.

Bagus Prasetyo, Wawan Laksito Y.S. and Siswanti, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Internet Operator Telekomunikasi Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process)".

Teuku Mufizar, Teten Nuraen and Arianti Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Cogito Smart Journa, vol. Vol 33, 2017.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa".

muchammad Abrori and Amrul hinung p rihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdan I Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," 2015.

W. Toto Priyo, "Penerapan Logika Fuzzy Dalam Optimasi Produksi Barang Menggunakan Metode Mamdani," 2017.

S. Arifin, M. Aziz Muslim, J. Matematika and U. Negeri Semarang, "Implementasi Logika Fuzzy Mamdani untuk Mendeteksi Kerentanan Daerah Banjir di Semarang Utara," Scientific Journal of Informatics, vol. 2, no. 2, pp. 2407-7658, 2015.

A. Wirawan, "Implementasi Metode Fuzzy-Mamdani untuk Menentukan Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Berdasarkan Karakteristik Lahan Budidaya Perikanan Implementation of Fuzzy-Mamdani Method for Determining the Type Freshwater Fish Consumption Based on Characteristics Land A," 2014.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN