KONTROL RUMAH PINTAR DENGAN GOOGLE ASSISTANT BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS)

Authors

  • Aprinaldi Siregar STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.1825

Abstract

Rumah merupakan tempat tinggal dalam bentuk bangunan yang menjadi tempat beristirahat dan berlindung atau bermukim oleh manusia dalam jangka waktu tertentu. Terdapat beberapa peralatan elektronik serta jaringan instalasi listrik didalam rumah, seperti Ac, lampu dan lain-lain. Jaringan listrik yang ada pada rumah saat ini konvensional karena belum mampu memberikan pelayanan yang prima dan menyajikan data-data secara real time. Pemasangan rangkaian listrik yang  kurang memenuhi standar seperti letak saklar peralatan elektronik di suatu ruangan berbeda dengan ruangan lain yang menyebabkan kurang efektif dan efisien. Hal ini dilihat dari aksi berpindah tempat tiap kali ingin menyalakan ataupun mematikan peralatan elektronik yang ada di ruangan, waktu yang diperlukan untuk berkeliling rumah hanya untuk menyalakan ataupun mematikan peralatan elekronik tersebut. Perintah suara (voice control) sangat memudahkan kita karena  tidak perlu lagi untuk berpindah tempat, lebih menghemat waktu, dan tidak perlu  untuk mempelajari sebuah aplikasi baru. Smartphone android dapat digunakan sebagai media untuk  memasukkan perintah suara dikarenakan teknologi Google Assistant yang terdapat pada android memungkinkan untuk pengendalian peralatan elektronik dengan perintah suara (voice control). Dengan memanfaatkan Nodemcu sebagai pengendali utama Proses pengiriman perintah suara ini menggunakan teknologi Internet of Thinsg (IoT) yang dapat melakukan pengendalian sistem  dari jarak jauh tanpa batas tempat dan waktu.  

References

K. A. Pamungkas et al., “Aplikasi Android Dan Mikrokontroller Arduino Pada,†J. Ilm. NERO, 2016.

A. Setiawan, I. W. Mustika, and T. B. Adji, “Perancangan Context-Aware Smart Home Dengan Menggunakan Internet of Things,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2016 (SENTIKA 2016), vol. 2016, no. Sentika, pp. 455–459, 2016.

M. F. Wicaksono, “Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 Untuk Smart Home,†J. Tek. Komput. Unikom, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.

D. Miswantoni, “Kendali peralatan listrik rumah menggunakan smartphone berbasis modul wifi esp8266 dan google assistant laporan proyek akhir,†2019.

H. A. Rochman, R. Primananda, and H. Nurwasito, “Sistem Kendali Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Protokol MQTT pada Smarthome,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 6, pp. 445–455, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

I. Fachri Rizal, I. W. A. Arimbawa, and R. Afwani, “Rancang Bangun Digital Home Assistant Dengan Perintah Suara Menggunakan Raspberry Pi Dan Smart Phone,†J. Comput. Sci. Informatics Eng., vol. 2, no. 2, pp. 127–134, 2018, doi: 10.29303/jcosine.v2i2.84.

F. Susanto, M. N. Rifai, and A. Fanisa, “INTERNET OF THINGS PADA SISTEM KEAMANAN RUANGAN , STUDI,†pp. 1–6, 2017.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN