Implementasi Data Mining Untuk Mengetahui Pola Rental Alat-Alat Berat ( Kontruksi ) Di PT. Bisma Niaga Lestari Medan Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • ristia dwiananda
  • kamil erwansyah
  • ardianto pranata

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.1818

Abstract

PT. Bisma Niaga Lestari merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang rental dan rekondisi alat-alat berat yang ada di kota Medan. Dengan data transaksi perentalan yang ada akan digali informasi yang dapat menemukan hal baru khususnya pada transaksi perentalan alat berat yang menghasilkan pola alat-alat berat apa saja yang sering dirental oleh konsumen.Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan suatu sistem terkomputerisasi yang dapat menggali informasi baru dari tumpukan data-data lama, yaitu dengan menggunakan Data Mining. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah asosiasi. Pada penelitian ini akan dibahas teknik asosiasi yang diterapkan untuk menemukan pola yang terjadi pada data-data transaksi terutama hal yang berkaitan dengan pola rental. Teknik asosiasi yang akan digunakan adalah Algoritma Apriori yang disamakan untuk mendapatkan rekomendasi pola rental alat-alat berat(kontruksi).Dengan menggunakan Algoritma Apriori untuk menentukan pola kombinasi 2-itemset dan aturan asosiasi, yaitu jika konsumen menyewa Vibrating Roller maka dapat direkomendasi kepada konsumen untuk menyewa juga Motor Grader dengan nilai support 23,33% dan nilai confidence 77,78%, Dan jika konsumen menyewa Hammer Diesel maka dapat direkomendasikan juga bersama Dump Truck  dengan nilai support 26,67% dan nilai confidence 72,72%.

References

[%1] T. Raharjo, “Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Penyewaan Alat Berat Pada Pt. Sepakat Bersama Jaya Di Samarinda,†Agora, vol. 1, no. 3, pp. 1006–1014, 2013.

[%1] L. Hakim and A. Fauzy, “Menggunakan Metode Association Rules,†Univ. Res. Colloq., pp. 73–81, 2015.

[%1] Yuda Pratama Wibawa, “IMPLEMENTASI DATA MINING MENENTUKAN MEREK CELANA DALAM ABSTRACT : Sales of apparel products , especially clothing pants in both men and women is increasing every month , the products offered are a variety of brands , brands that have influenced people to,†pp. 57–62, 2016.

[%1] F. A. Sianturi, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan,†Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2018.

[%1] J. A. Kantor, “Kepuasan Kerja Pengawas Produksi Berpengaruh Terhadap Kinerja Operator Alat Berat Pada Usaha Jasa Kontraktor Pertambangan Mineral Dan Batubara,†pp. 33–42, 2018.

[%1] A. Maddeppungeng, “ANALISIS PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PROYEK PEMBANGUNAN PABRIK Dwi Novi Setiawati Begitu pula Proyek Pembangunan Pabrik,†pp. 91–103.

S. Mujiasih, “Pemanfatan Data Mining Untuk Prakiraan Cuaca Utilization Of Data Mining For Weather Forecasting,†J. Meteorol. Dan Geofis., vol. 12, no. 2, pp. 189–195, 2011.

J. Komputer et al., “PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI Program Studi Teknik Informatika Jurnal Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ),†2012.

G. Gunadi and D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) :,†Telematika, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2012.

M. S. Mustafa, M. R. Ramadhan, and A. P. Thenata, “Implementasi Data Mining untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 2, p. 151, 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i2.106.

D. S. Kusumo, M. A. Bijaksana, and D. Darmantoro, “Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada Rdbms Oracle,†TEKTRIKA - J. Penelit. dan Pengemb. Telekomun. Kendali, Komputer, Elektr. dan Elektron., vol. 8, no. 1, pp. 1–5, 2016, doi: 10.25124/tektrika.v8i1.215.

Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2019.

K. Tampubolon, H. Saragih, B. Reza, K. Epicentrum, A. Asosiasi, and A. Apriori, “IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PERSEDIAAN ALAT-ALAT KESEHATAN,†pp. 93–106, 2013.

A. Nursikuwagus et al., “Implementasi algoritma apriori untuk analisis penjualan dengan berbasis web,†vol. 7, no. 2, pp. 701–706, 2016.

D. K. Pane, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Kreditplus ),†Pelita Inform. Budi Darma, vol. valume : I, pp. 25–29, 2013, doi: 2301-9425.

Downloads

Published

2022-07-18

URN