KEAMANAN DATA PENJUALAN BULANAN PADA UNIT USAHA PUSAT KOPERASI KARTIKA “A” BUKIT BARISAN DENGAN ALGORITMA MERKLE HELLMAN

Authors

  • Romauli Simanullang STIMK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STIMK Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso STIMK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.1816

Abstract

Data penjualan bulanan adalah sekumpulan data penjualan yang disusun dan di informasikan sebagai bahan pencatatan dan analisa penjualan. Data penjuaalan sendiri memiliki fungsi dan harus benar-benar akurat tanpa adanya  kesalahan. Setiap laporan yang dibuat tentu secara tidak langsung bertindak sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang perubahan yang ada dalam penjualan apakah itu kenaikan atau penurunan, mengirimkan informasi data penjualan terperinci juga membuat penerima informasi atau data lebih cepat memahami konidisi data penjualan bulanan. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengamankan data penjualan. Ada cara untuk mengamankan data penjualan agar data tersebut tetap aman dan tidak diubah  oleh pihak lain, yaitu dengan menggunakan KriptografiKriptografi merupakan seni dan ilmu untuk menjaga keamanan data dengan mengubahnya menjadi kode tertentu, dan hanya ditujukan untuk orang yang hanya memiliki sebuah kunci untuk mengubah kode itu kembali, yang berfungsi dalam menjaga kerahasiaan data atau pesan. Dan untuk penerapan kriptografi terdapat beberapa metode atau algoritma, salah satunya adalah Merkle Hellman

References

D. Juardi, “Pengamanan Data Dengan Penggabungan Metode Gost Dan Rc6,†Politek. Tri Mitra Karya Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 1–9, 2013.

K. Nisa, M. F. Rohmah, and Sugianto, “RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI DENGAN METODE ENKRIPSI FILE MENGGUNAKAN GABUNGAN ALGORITMA DES DAN CAESAR CHIPER UNTUK KEAMANAN DOKUMEN (Design,†Majapahit Techno, vol. 6, no. 2, TEKS , ISI FILE DOKUMEN , DAN FILE DOKUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION,†vol. 10, no. 1, 2015.

A. Aminudin, A. F. Helmi, and S. Arifianto, “Analisa Kombinasi Algoritma Merkle-Hellman Knapscak dan Logaritma Diskrit pada Aplikasi Chat,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 325, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853844.

M. Simanjuntak, “Implementasi Algoritma Merkle Hellman untuk Keamanan Database,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 4, no. 1, pp. 46–50, 2019.

A. Moses, C. Satria, M. Gultom, R. I. Ndaumanu, T. Informatika, and W. Dharma, “Penerapan Metode Algoritma Gost Pada Perancangan Aplikasi Kriptografi,†J. InTekSis, vol. 4, no. 2, p. 11, 2013.

Downloads

Published

2022-07-19

Issue

Section

Articles

URN