IMPLEMENTASI PULSE WIDTH MODULATION (PWM) PADA GERGAJI POLA KAYU OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER

Authors

  • Dedek Wahyu Susilo STMIK Triguna Dharma
  • Saniman S STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.1778

Abstract

Gergaji manual bekerja dengan kecepatan pemotongan yang disesuaikan secara manual dengan tenaga manusia. Sedangkan gergaji listrik bekerja dengan kecepatan tinggi dan selalu konstan. Namun perlu diperhatikan juga terkait dengan kebutuhan objek kerja yang akan dipotong. Misal kelunakan objek, jenis objek atau ketebalan objek. Sebagai contoh gergaji untuk besi dibuat dengan struktrur dan bentuk khusus untuk besi, gergaji kayu juga dirancang khusus untuk kayu dan gergaji pola juga dirancang khusus untuk pembuatan pola. Dengan memanfaatkan teknik kendali Pulse Width Modulation (PWM) yang diterapkan untuk mengatur kecepatan pergerakan mata gergaji. Dimana mikrokontroler dalam board arduino sebagai kendali utama dikombinasikan dengan sensor yang mampu mendeteksi salah satu kondisi dari objek yang dipotong. Adapun sensor yang digunakan adalah ultrasonik sebagai pendeteksi ketebalan objek yang dipotong. Diharapkan dengan mengimplementasikan PWM maka kendali pada gergaji pola menjadi lebih stabil serta proses pemotongan menjadi lebih halus. Selain itu diharapkan pula meminimalkan kerusakan yang tidak diperlukan pada objek yang dipotong.

References

S. Arifin And A. Fathoni, “Pemanfaatan Pulse Width Modulation Untuk Mengontrol Motor (Studi Kasus Robot Otomatis Dua Deviana ) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Asia Malang,†Vol. 8, No. 2, 2014.

Z. Azmi And J. Tumangger, “Implementasi Pulse Width Modulation Untuk Sistem Pembuat Mie,†Vol. 2, No. 1, Pp. 20–24, 2018.

M. A. Subijantoro, “Defenisi Mesin Gergaji,†2015. .

A. Pranata And B. Anwar, “Implemantasi Fuzzy Logic Pada Sistem Monitoring PenggunaanKomputer Untuk Kesehatan Mata Berbasis,†Vol. 17, No. 2, Pp. 211–213, 2018.

A. Ramadhan And U. M. Buana, “Eksplorasi Fisik Material Triplek,†No. June 2016, 2017.

P. Studi, T. Mesin, F. Teknik, And U. Tarumanagara, “Analisis Dan Rancang Bangun Sistem Kerja,†Pp. 139–148.

S. Y. Riska, S. I. Putri, And W. A. Rahayu, “Pelatihan Alat Pemotong Bambu Otomatis Berbasis Mikrokontroler Menuju Kampung Produktif Di Desa Ngajum Gunung Kawi Malang,â€Vol. 11, No. 2, Pp. 154–162, 2017.

Downloads

Published

2022-07-21

URN