E-Healthcare Mendiagnosa Penyakit Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • M Rendi Kesuma STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.1773

Abstract

Kehamilan dan persalinan adalah proses alami, tapi banyak resiko yang menjadi beban wanita. KRT (Kehamilan Resiko Tinggi) mempunyai resiko terjadinya komplikasi dalam persalinan dengan dampak kematian, kesakitan, kecacatan, ketidakpuasan dan ketidaknyamanan (5K). Tidak terdeteksinya KRT dan rujukan terlambat adalah penyebab utama kematian ibu dan bayi dengan berbagai permasalahan dasar baik dari aspek kesehatan maupun non kesehatan. Penyebab kematian ibu salah satunya terlambat mendeteksi KRT, oleh karena itu peneliti tertarik ingin mengetahui faktor penyebab Diabetes Gestasional pada ibu hamil.Dari uraian tersebut maka penelitian ini diangkat dengan judul “E-Healthcare Mendiagnosa Penyakit Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayesâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat membantu bidan ataupun perawat dan juga pasien dalam mendiagnosa penyakit Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil.Hasil permasalahan tersebut adalah berupa aplikasi pengimplementasian Sistem Pakar dengan menggunakan Metode Teorema Bayes yang nantinya dapat membantu bidan ataupun perawat dan juga pasien dalam mendiagnosa penyakit Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil dan menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat.

References

H. Santoso et al., Jurnal penelitian kesehatan suara forikes, vol. II, no. November. 2011.

Firdaus, Rimbawan, S. A. Marliyati, and K. Roosita, “MODEL TIKUS DIABETES YANG DIINDUKSI STREPTOZOTOCIN- SUKROSA UNTUK PENDEKATAN PENELITIAN DIABETES Streptozotocin , Sucrose- Induce Diabetic Male Rats Model for Research,†vol. 12, no. 1, pp. 29–34, 2016.

I. Russari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal Menggunakan Teorema Bayes,†J. Ris. Komput., vol. 3, pp. 18–22, 2016.

D. P. Kurniawati, “Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Untuk Diagnosa Jenis-jenis Penyakit Diabetes Melitus,†Psi Udinus, pp. 1–8, 2014.

F. Rahmawati, J. Natosba, and J. Jaji, “Skrining Diabetes Mellitus Gestasional dan Faktor Risiko yang Mempengaruhinya,†J. Keperawatan Sriwij., vol. 3, no. 2, pp. 33–43, 2016.

A. Andriani, PEMROGRAMAN SISTEM PAKAR. 2017.

T. H. Sihotang, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Jagung Dengan Metode Bayes,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 2, pp. 72–75, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-18

URN