SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN BAHAN BAKU YANG AKAN DI GUNAKAN SEBAGAI BAHAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO PADA NEKO – NEKO BAKERY

Authors

  • mila sari STMIK TRIGUNA DHARMA
  • aza nuddin STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rina Mahyuni STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.1769

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat digunakan membantu penyelesaian permasalahan atau pengambilan keputusan yang bersifat semi terstruktur atau terstruktur. Neko – Neko Bakery merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang dagang Kuliner Roti maupun Kue. Neko- Neko Bakery juga memiliki toko-toko sendiri yang menjual hasil produksi dari perusahaan.Neko – Neko Bakery dalam menentukan kelayakan bahan baku membutuhkan waktu yang lama dengan mengecek kondisi barang, masa penggunaan, dan banyaknya kesalahan yang terdapat pada bahan baku.Guna membantu mengatasi masalah tersebut maka diperlukannya metode penyelesaian dalam ketepatan dan kecepatan pengambilan keputusan kelayakan bahan baku yang akan di gunakan nantinya sebagai bahan baku produksi.Untuk mengatasi hal tesebut perlu dikembangkan sistem yang baru yaitu sistem pendukung keputusan dengan metode fuzzy tsukamoto. Diharapkan dapat mempermudah Manager Warehouse Neko – Neko Bakery untuk menentukan kelayakan bahan baku. Serta tetap terjaga keberhasilan hasil dan terhindar dari kecurangan yang dapat merugikan Konsumen. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Fuzzy Tsukamoto, Kelayakan Bahan Baku

References

N. Nurjannah, Z. Arifin, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dengan Metode Weighted Product,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 20, 2015, doi: 10.30872/jim.v10i2.186.

N. A. Popy Meilina, Nurvelly Rosanti, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Barang Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android,†Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Riau, no. November, pp. 1–11, 2017.

I. Haditama, C. Slamet, and D. Fauzy, “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak Nada Sunda Berbasis Android,†J. Online Inform., vol. 1, no. 1, p. 51, 2016, doi: 10.15575/join.v1i1.11.

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean, and H. T. Sihotang, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode AHP Pada Kantor Kelurahan Mangga,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 22–31, 2017, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/274/172.

rani irma handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Profile Matching Pada Pt. Sarana Inti Persada (Sip),†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 28–34, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/332.

Downloads

Published

2022-07-18

URN