Penerapan Data Mining untuk Meprediksi Hasil Panen Pertanian Tanaman Padi Daerah Serdang Bedagai Menggunakan Metode C4.5 Pada Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura Sumut

Authors

  • Sri Kandi
  • Muhammad Syahril
  • Milfa Yetri

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.1762

Abstract

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikutura Provinsi Sumut merupakan sebagai salah satu departemen yang mempunyai kegiatan melaksanakan penyuluhan pertanian, memberikan pendapat dalam bidang pertanian dan membantu para petani untuk menyelesaikan masalah tentang tanaman yang bermasalah. Data Mining merupakan suatu alat dan aplikasi menggunakan analisis statistic, matematika, kecerdasan buatan dan machine learning untuk mengekstrasi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar..Dalam hal ini Data Mining memiliki beberapa jenis algoritma yang sesuai dengan manfatnya diantaranya Algoritma C4.5 yang merupakan Metode Decision Tree. Decision Tree adalah mengubah data yang paling besar menjadi pohon-pohon keputusan yang mempresentasikan aturan Kata Kunci : Hasil Panen, Data Mining, C.45Dinas Tanaman Pangan dan Holtikutura Provinsi Sumut merupakan sebagai salah satu departemen yang mempunyai kegiatan melaksanakan penyuluhan pertanian, memberikan pendapat dalam bidang pertanian dan membantu para petani untuk menyelesaikan masalah tentang tanaman yang bermasalah. Data Mining merupakan suatu alat dan aplikasi menggunakan analisis statistic, matematika, kecerdasan buatan dan machine learning untuk mengekstrasi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar..Dalam hal ini Data Mining memiliki beberapa jenis algoritma yang sesuai dengan manfatnya diantaranya Algoritma C4.5 yang merupakan Metode Decision Tree. Decision Tree adalah mengubah data yang paling besar menjadi pohon-pohon keputusan yang mempresentasikan aturan Kata Kunci : Hasil Panen, Data Mining, C.45

References

A. C. Studi and K. Dinas, “ANALISA DATA PERTANIAN TANAMAN PANGAN UNTUK MEMPREDIKSI HASIL PANEN DENGAN DATA MINING PANGAN dan HOLTIKUTURA PROVINSI SUMUT ),†vol. 18, no. April, pp. 212–219, 2019.

P. Algoritma, C. Untuk, and D. Dini, “Penerapan algoritma c4.5 untuk deteksi dini gangguan autisme pada anak,†vol. 2018, no. Sentika, pp. 23–24, 2018.

D. Setiyadi, D. Tetap, S. Eresha, S. Laboratorium, and U. Trisakti, “Data Mining Dengan Metode Decision Tree Algoritma C4 . 5 Untuk Memprediksi Permintaan Jenis Produk Barang,†vol. VI, no. 02, pp. 13–34, 2011.

M. A. Puspa, “Implementasi Data Mining Klasifikasi Algoritma C4 . 5 Dalam Perekrutan Perangkat Desa,†vol. 1, no. 2, pp. 92–97, 2019.

C. Algoritma et al., “KREDIT ( STUDI KASUS DI KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK,†vol. 1, no. 2, pp. 6–10, 2014.

P. Bidang, K. Sains, Y. Mardi, J. Gajah, M. No, and S. Barat, “Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data mining merupakan bagian dari tahapan proses Knowledge Discovery in Database ( KDD ) . Jurnal Edik Informatika.â€

M. F. Arifin and D. Fitrianah, “Rekomendasi Penerimaan Mitra Penjualan Studi Kasus : PT Atria Artha Persada,†no. January 2018.

C. U. Klasifikasi, “IMPLEMENTASI METODE DECISION TREE DAN ALGORITMA,†2016.

G. Syahputra, M. Kom, P. Studi, and M. Informatika, “Penerapan Algoritma C4 . 5 Dalam Analisa Kelayakan Penerima Bonus Tahunan Pegawai ( Studi Kasus : PT . Multi Pratama Nauli Medan ),†vol. 16, no. 2, 2015.

P. P. Putra and A. S. Chan, “Pengembangan Aplikasi Perhitungan Prediksi Stock Motor Menggunakan Algoritma C 4 . 5 Sebagai Bagian dari Sistem Pengambilan Keputusan ( Studi Kasus di Saudara Motor ),†2018.

R. H. Pambudi and B. D. Setiawan, “Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Memprediksi Nilai Kelulusan Siswa Sekolah Menengah Berdasarkan Faktor Eksternal,†vol. 2, no. 7, pp. 2637–2643, 2018.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN