Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Menular dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • zarwah daulay
  • mar sono
  • ita mariami

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.1757

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, kurangnya pengetahuan penyakit menular cat scratch disease (CSD) yang mengakibatkan muncul benjolan atau luka lepuh,  mengakibatkan demam, sakit kepala, nafsu makan menurun, ruam, dan badan lesu.   Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam mendiagnosa penyakit untuk menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep Sistem Pakar. Mendiagnosa penyakit menular. Sistem Pakar adalah bagian dari Artificial Intelligence (AI). sistem pakar  terdiri dari suatu kesimpulan, basis pengetahuan, memori kerja, dan antarmuka pengguna dalam mendiagnosa suatu penyakit ataupun mendiagnosa penyakit.Implementasi Sistem Pakar telah banyak digunakan dan sudah teruji didalam pengambilan keputusan dalam mendiagnosa  penyakit ataupun mendiagnosa penyakit, hal ini dapat diketahui dengan banyaknya penelitian yang menerapkan konsep Sistem Pakar, salah satunya disebutkan dalam Sistem Pakar dapat mendiagnosa penyakit menular cat scratch disease (CSD) dan sistem pakar juga diterapkan untuk mendiagnosa pola penyakit atau mendiagnosa penyakit cat scratch disease (CSD). Sistem Pakar digunakan untuk mendiagnosa penyakit menular cat scratch disease (CSD). Metode Sistem Pakar  dapat mengembangkan dalam upaya mendiagnosa penyakit menular cat scratch disease (CSD) dengan menggunakan metode Certainty Factor. Implementasi Metode Certainty Factor menerangkan ketika menghadapi suatu masalah yang jawabannya tidak pasti. Ketidakpastian ini bisa merupakan probabilitas dan Certainty Factor menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. [5] Metode Certainty Factor dapat mendiagnosa penyakit menular cat scratch disease (CSD) dengan menghitung ketidakpastian data menjadi pasti. Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, cat scratch disease (CSD)

References

Prayuani Dwi Agustin dan J. Mukono, " GAMBARAN KETERPAPARAN TERHADAP KUCING DENGAN

KEJADIAN TOKSOPLASMOSIS PADA PEMELIHARA DAN BUKAN PEMELIHARA KUCING DI

KECAMATAN MULYOREJO, SURABAYA " Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2015.

Reski Mai Candra and Bambang Mirwanto, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Anxietas Dengan

Menggunakan Teorema Bayes," Jurnal CoreIT, Vols. Vol. 4, No. 2, 2018.

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA

PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

P. S. Ramadhan, "SISTEM PAKAR PENDETEKSIAN PSORIASIS POSTULAR MENGGUNAKAN KOMBINASI TEOREMA BAYES DENGAN EUCLIDEAN PROBABILITY," 2019.

S. Halim and S. Hansun, "Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis," Jurnal ULTIMA Computing, vol. 7, no. 2, pp. 59-69, 1 8 2016.

Harini Nurcahya Mariandayani, " Keragaman Kucing Domestik(felis domesticus) berdasarkan Morfogenetik " Jurnal Peternakan Sriwijaya (JPS), 2012

W. Yulianti, L. Trisnawati and T. Manullang, "Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor Dalam Penentuan Gaya Belajar Anak Usia Remaja," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, vol. 10, no. 2, pp. 2086-4884, 2019.

R. Nurmalina, J. A. Yani Km, T. Laut and K. Selatan, "Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," 2017.

Rosa A.S dan M.Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, VOL 1 ed., Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Downloads

Published

2021-10-30

URN